kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45864,40   -2,80   -0.32%
  • EMAS1.360.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erajaya Active (ERAL) Berupaya Pertahankan Kinerja Positif hingga Akhir 2024


Minggu, 16 Juni 2024 / 13:00 WIB
Erajaya Active (ERAL) Berupaya Pertahankan Kinerja Positif hingga Akhir 2024
ILUSTRASI. Gerai Honma kerja sama?MST Golf Group Berhad dengan?Erajaya Active Lifestyle (ERAL).


Reporter: Vina Elvira | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) atau Erajaya Active Lifestyle berupaya menjaga pertumbuhan kinerja positif sampai akhir tahun nanti. Berkaca dari realisasi di kuartal pertama lalu, Manajemen ERAL memproyeksikan kenaikan penjualan berkisar 15%-20% pada tahun 2024. 

Direktur Utama Erajaya Active Lifestyle Djohan Sutanto menyatakan, kinerja ERAL selama kuartal I-2024 diproyeksikan menjadi cerminan sampai akhir tahun nanti apabila tidak ada kejadian yang bersifat majeure. 

“Secara kinerja ERAL ini positif petumbuhannya lebih dari 20% dan kami masih optimistis kondisi ini bisa bertahan sampai akhir 2024,” ungkap Djohan, dalam Paparan Publik, Rabu (12/6). 

Sebagai gambaran, penjualan neto ERAL naik 20,62% year on year (yoy) menjadi Rp 1,09 triliun per akhir Maret 2024. Meningkat dari Rp 905,09 miliar pada periode yang sama tahun lalu. 

Baca Juga: Pacu Kinerja, Sinar Eka Selaras (ERAL) Gencar Buka Toko Baru

Djohan mengungkap, ada sejumlah faktor pendorong yang menjadi penopang pertumbuhan bisnis ERAL di 2024. Dua di antaranya adalah penjualan kategori produk active & lifestyle dan juga private label yang beberapa tahun ini dikebut pengembangannya. 

Selain itu, ekspansi penambahan toko baru juga tak kalah penting. Hingga kuartal pertama lalu ERAL sudah menambah sebanyak 13 toko baru di berbagai kategori dari total 40 hingga 50 toko yang direncanakan akan dibuka pada tahun ini. 

“(Penambahan) Toko sedikit melambat karena ada lebaran waktu itu, jadi agak slowdown, dan toko yang dibuka ini sebagian besar di kategori produk smart dan lifestyle,” imbuhnya. 

Kinerja ERAL sebenarnya masih ditopang oleh penjualan produk smart yang fokus pada produk–produk aksesoris dan internet of things (IoT). 

Meski begitu, secara rencana pengembangan, ekspansi produk active dan lifestyle memang lebih masif, sebab pihaknya melihat kedua kategori ini punya potensi yang sangat besar sehingga diyakini dapat memberikan kontribusi yang sangat besar untuk ERAL ke depannya. 

Baca Juga: Genjot Kinerja, Erajaya (ERAA) Targetkan Buka 200 Gerai Baru Tahun Ini

“Ekspansi kami titik berat ke depan akan kepada produk active dan lifestyle. Tapi bukan berati kategori smart kami tinggalkan karena masih merupakan porsi yang cukup dominan. Sebabm di kategori smart ini kami punya pengalaman cukup lama,” jelas Djohan. 

Sepanjang 2023 ERAL telah menambah jumlah toko sebanyak 53. ERAL saat ini fokus mengembangkan jaringan ritel tidak hanya fokus di Jakarta saja, melainkan di luar kota Jakarta, sehingga eksistensi jaringan ritel ERAL semakin mudah dijangkau oleh konsumen seluruh Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×