kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,72   4,08   0.44%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ESDM bakal kembali jalankan program konverter kit nelayan dan petani


Rabu, 24 Juni 2020 / 20:50 WIB
ESDM bakal kembali jalankan program konverter kit nelayan dan petani
ILUSTRASI. Sejumlah pekerja merakit paket konverter kit mesin perahu berbahan bakar gas di pelabuhan Sei Lais Palembang, Sumatera Selatan.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan bakal kembali melaksanakan program infrastruktur minyak dan gas bumi, EBTKE dan Badan Geologi setelah sempat menghapusnya.

Sebelumnya, dalam upaya penyesuaian anggaran pasca Covid-19. Kementerian ESDM memutuskan untuk meniadakan program konverter kit (konkit) untuk nelayan yang sedianya ditargetkan sebanyak 40.000 paket dengan anggaran Rp 350 juta dan konverter kit untuk petani sebanyak 10.000 paket dengan anggaran Rp 82,50 juta.

Sekretaris Jenderal ESDM Ego Syahrial dalam agenda Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII memastikan sejumlah program infrastruktur akan kembali digelar.

"Terdapat empat infrastruktur untuk refocusing yaitu program konkit untuk nelayan, kedua konkit petani dan ketiga pembangunan PJUTS serta sumur bor air. Kami telah lakukan penyisiran yaitu anggaran sebesar Rp 235 miliar untuk dialokasikan ke empat program itu," kata Ego, Rabu (24/6).

Baca Juga: Pengadaan konverter kit ditiadakan, anggota DPR protes ke Menteri ESDM

Ego melanjutkan, nantinya program konverter kit untuk nelayan diadakan sebanyak 15.000 paket dengan anggaran Rp 131,2 miliar. Kemudian konkit petani sebanyak 7.500 paket dengan anggaran Rp 61,8 miliar.

Adapun, program PJU-TS dengan tambahan 1.800 titik dengan anggaran Rp 30,6 miliar. Serta penambahan 30 titik sumur bor air tanah dengan anggaran Rp 12 miliar.

Demi menutupi pengeluaran anggaran pada keempat program tersebut, Ego menerangkan Kementerian ESDM bakal memangkas anggaran perjalanan dinas dan paket meeting.

"Usulan kami perjalanan dinas dan paket meeting yang bisa di geser untuk infrastruktur dan melakukan efisiensi terhadap perjalanan dinas dan paket meeting. Kami melakukan pemangkasan sebesar Rp 235 miliar," terang Ego.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×