kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.930.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.230   -112,00   -0,69%
  • IDX 7.214   47,18   0,66%
  • KOMPAS100 1.053   7,20   0,69%
  • LQ45 817   1,53   0,19%
  • ISSI 226   1,45   0,65%
  • IDX30 427   0,84   0,20%
  • IDXHIDIV20 504   -0,63   -0,12%
  • IDX80 118   0,18   0,16%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,20%

FKS Food Sejahtera (AISA) Masih Andalkan Ekspor ke China di Tengah Perang Dagang


Minggu, 25 Mei 2025 / 12:10 WIB
FKS Food Sejahtera (AISA) Masih Andalkan Ekspor ke China di Tengah Perang Dagang
ILUSTRASI. PT FKS Food Sejahtera Tbk (AISA) mengungkapkan pengaruh memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China masih minim terhadap operasional dan penjualan perusahaan.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT FKS Food Sejahtera Tbk (AISA) mengungkapkan pengaruh memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China masih minim terhadap operasional dan penjualan perusahaan. 

Direktur Utama AISA, Gerry Mustika, yang menegaskan bahwa strategi bisnis AISA tetap berfokus pada pasar domestik serta ekspor ke negara-negara yang tidak terdampak perang tarif, termasuk China.

“Produk-produk kami juga dibeli dari supplier lokal atau transaksi dalam negeri, jadi dampaknya sangat minimal,” ujar Gerry Mustika di Jakarta, Jumat (23/5).

Baca Juga: FKS Group (AISA) Anggarkan Capex Rp 100 Miliar di 2025, Ini Fokus Penggunaanya

Lebih lanjut, Gerry menjelaskan bahwa AISA masih menjadikan China sebagai tujuan utama ekspor karena dinilai stabil dan tidak terpengaruh langsung oleh konflik perdagangan antara negara-negara besar. 

"Kita ekspor ke China masih baik-baik saja, tidak ada masalah dengan perang tarif. Pasar-pasar ekspor kami pada dasarnya adalah negara-negara yang less disruptive,” tambahnya.

Selain memperkuat ekspor ke China, AISA juga memiliki penetrasi ke beberapa negara di kawasan Eropa. Meski demikian, fokus utama ekspansi tetap diarahkan ke pasar domestik yang dinilai masih sangat potensial. 

Baca Juga: FKS Group (AISA) Targetkan Pertumbuhan Pendapatan hingga Double Digit pada 2025

“Pasar dalam negeri kita masih besar sekali. Route to market kami utamakan untuk distribusi dalam negeri, sembari tetap menjaga stabilitas ekspor,” jelasnya.

Tahun ini, AISA berkomitmen menjaga konsistensi dalam penetrasi pasar lokal sekaligus memperkuat jaringan ekspor yang sudah ada. Hal ini terbukti dari kinerja perusahaan yang menggembirakan selama 2024 dan sepanjang kuartal I tahun 2025.

“Kinerja kami di kuartal I 2025 juga menunjukkan hasil yang baik. Kami berharap ini bisa berkelanjutan dengan strategi yang konsisten dan adaptif,” tandas Gerry.

Asal tahu saja, hingga akhir Maret 2025, AISA mencatatkan laba bersih sebesar Rp 34,93 miliar, naik 222% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 10,85 miliar. Sedangkan penjualan neto tercatat meningkat 4,5% menjadi Rp 481,47 miliar.

Selanjutnya: Kode Redeem Lineage2M Mei 2025, Cek Daftar Terbaru lengkap dengan Cara Redeemnya

Menarik Dibaca: 5 Cara Bijak Berinvestasi di 2025 Tanpa Terjebak FOMO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×