kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gaikindo revisi target penjualan, APM tetap optimistis


Jumat, 18 Oktober 2019 / 20:03 WIB
Gaikindo revisi target penjualan, APM tetap optimistis
ILUSTRASI. Pengunjung melihat mobil Nissan All New Livina yang dipamerkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pasar otomotif masih lesu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merevisi target penjualannya. Target penjualan mobil nasional diturunkan 10%  menjadi 1 juta unit. Padahal, pada awal tahun 2019 penjualan yang dibidik sebesar 1,1 juta unit.

Melihat hal ini, Agen Pemegang Merek (APM) PT Honda Prospect Motor (HPM) Honda optimistis masih akan mencapai targetnya di tahun 2019. 

Baca Juga: Tesla dapat lampu hijau untuk memproduksi kendaraan listirk di China

"Target kami di tahun ini adalah mempertahankan market share di angka sekitar 14%," ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy ketika dihubungi Kontan.co.id, Jumat (18/10). 

Yusak menambahkan, produk-produk Honda masih memiliki daya tarik dan value yang tinggi bagi konsumennya. Apalagi, kata Yusak, didukung dengan basis konsumen Honda yang loyal dan berbagai program penjualan yang atraktif akan memberikan nilai lebih bagi konsumen.

Asal tahu saja, di kuartal III  Honda menjual 38.152 unit mobil di Indonesia, naik dari  periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 37.422 unit. 

Baca Juga: Viral harga motor listrik PCX Electric tembus Rp 100 juta, ini kata Honda

Ia menambahkan, walaupau ada tekanan ekonomi, namun penjualan mobil di tahun 2020 tidak akan jauh berbeda dengan tahun ini. Meski demikian, kami percaya bahwa produk-produk Honda tetap akan mempertahankan trend yang positif di tahun depan. 

Tidak jauh berbeda dengan Honda, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga optimistis pangsa pasarnya masih akan bertumbuh hingga akhir tahun ini.  

" Harapannya bisa naik dibandingkan market share tahun lalu sekitar 31% menjadi di atas 31.5%, " kata Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy ketika dihubungi Kontan.co.id, Jumat (18/10). Optimisme TAM didorong oleh peluncuran produk barunya seperti Avanza Minor Change.

Baca Juga: Industri Otomotif mengerek harga paladium

Adapun tahun depan TAM  berharap pasar akan membaik dibandingkan tahun ini. Sebagai gambaran, hingga September 2019 mencapai 239.600 unit. Avanza masih berkontribusi paling besar terhadap penjualan retail sebesar 57.400 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×