kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gamifikasi, Sebuah Pendekatan Inovatif Pemasaran di Era Digital


Senin, 21 Agustus 2023 / 14:57 WIB
Gamifikasi, Sebuah Pendekatan Inovatif Pemasaran di Era Digital
Dok PT Duta Digital Nusantara.?Gamifikasi: Pendekatan Inovatif Pemasaran di Era Digital.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Era digital saat ini telah memberikan perubahan signifikan pada pendekatan pemasaran, salah satunya melalui strategi gamifikasi. Strategi ini mengadopsi unsur-unsur permainan guna meningkatkan kesadaran akan sebuah merek serta melibatkan konsumen lebih dalam.

Dalam gamifikasi, poin, lencana, dan papan peringkat diaplikasikan untuk memperkuat interaksi konsumen dengan suatu brand. Konsumen berkesempatan untuk mengumpulkan poin melalui transaksi, memperoleh lencana atas pencapaian-pencapaian khusus, serta berkompetisi dalam papan peringkat.

Mochammad Taufiq Kurniawan, CEO PT Duta Digital Nusantara, berpendapat bahwa gamifikasi mempererat hubungan konsumen dengan brand.

Baca Juga: SSUV Lamborghini Urus S Kini Hadir di Indonesia

"Ketika konsumen terlibat aktif dalam sebuah permainan atau lomba, mereka tanpa disadari mendalami pengetahuan mengenai brand atau produk tersebut. Dengan Magami, kami berupaya merapatkan jarak antara konsumen dan brand melalui pendekatan yang menarik dan interaktif," tuturnya pada Senin (21/8).

Lebih lanjut, gamifikasi juga memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan dan kesetiaan konsumen. Imbalan yang diberikan melalui permainan dapat membentuk persepsi positif terhadap suatu merek.

Angellica Octavianzy Sabrina, CTO PT Duta Digital Nusantara, menambahkan kelebihan lain dari Magami yaitu kemampuannya untuk menargetkan segmen calon konsumen dengan lebih akurat serta menyediakan solusi lengkap dalam pengelolaan kampanye promosi.

"Dalam era digital yang kaya dengan variasi segmen pasar saat ini, platform seperti Magami memudahkan perusahaan untuk menyesuaikan kampanye mereka sesuai dengan berbagai variabel, seperti jumlah kupon, poin rewards, hingga mekanisme pemberian hadiah," jelas Angellica.

Baca Juga: Prospek Industri Game di Indonesia Diperkirakan Akan Terus Meningkat

Di tengah persaingan pasar yang ketat, gamifikasi dapat menjadi alat efektif untuk memperkenalkan brand baru, mengaktifkan kembali produk yang kurang diminati, atau mendorong peningkatan penjualan.

Trias Nur Rahman, BOD PT Duta Digital Nusantara, menekankan bahwa gamifikasi merupakan solusi inovatif bagi perusahaan yang bertujuan meningkatkan konektivitas dengan pelanggan di zaman digital kini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×