kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng Indomobil, Inchcape Resmi Tuntaskan Akuisisi Mercedes-Benz Indonesia


Senin, 02 Oktober 2023 / 15:25 WIB
Gandeng Indomobil, Inchcape Resmi Tuntaskan Akuisisi Mercedes-Benz Indonesia
ILUSTRASI. Inchcape Plc resmi akuisisi operasi perakitan dan distribusi Mercedes-Benz AG di Indonesia


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Inchcape Plc, distributor otomotif terdepan di dunia, hari ini (2/10) mengumumkan bahwa akuisisi operasi perakitan dan distribusi Mercedes-Benz AG di Indonesia sudah diselesaikan.

Mulai hari ini, operasi PT Mercedes-Benz Indonesia sebagai produsen kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia sebagai importir kendaraan CBU dan distributor kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz telah dialihkan ke Inchcape Indonesia.

Operasi akan dikelola Inchcape dalam usaha patungan bersama mitra lokalnya, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS). Usaha patungan ini menggabungkan keahlian global terdepan Inchcape dalam keunggulan distribusi serta kapabilitas digital dan data dengan keahlian lokal Indomobil.

Dalam usaha patungan ini, Inchcape memiliki porsi saham 70% dan Indomobil 30%. Perjanjian ini akan memperluas kerja sama distribusi Inchcape dan Indomobil di Indonesia.

Inchcape berkomitmen untuk melanjutkan operasi Mercedes-Benz di Indonesia. Pelanggan akan terus mendapatkan produk dan layanan dengan kualitas terbaik sebagaimana telah diberikan oleh Mercedes-Benz selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Temui Luhut, Inchape Beri Sinyal Bangun Pabrik Great Wall Motor di Indonesia

Kegiatan produksi di pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor akan terus berjalan tanpa gangguan. Karyawan akan tetap bekerja dan diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaannya saat ini di bawah kepemilikan baru. Seluruh kebijakan terkait kepegawaian akan tetap sama dan patuh pada peraturan yang berlaku.

Amanda Zhang, CEO & President Mercedes-Benz and Head of Region SEA II mengatakan, pasar Indonesia tetap menjadi pasar yang penting bagi Mercedes-Benz. Perusahaan ini menargetkan perkembangan yang semakin besar dengan memprioritaskan pengalaman pelanggan yang mewah pada masa transformasi dengan elektrifikasi dan digitalisasi.

"Bersama Inchcape Indonesia dan Indomobil, kami memiliki mitra berpengalaman untuk melampaui harapan pelanggan dan membantu kami dalam melanjutkan perjalanan yang penuh keberhasilan di Indonesia," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (2/10).

Sementara itu, Ruslan Kinebas, Inchcape’s APAC CEO menyatakan, pihaknya senang bisa menyelesaikan akuisisi Mercedes-Benz Indonesia sekaligus memperluas kemitraan global dengan pabrikan asal Jerman tersebut.

Inchape telah meraih keberhasilan bersama Mercedes-Benz sebagai mitra di wilayah Amerika dan yang terbaru di Filipina. Indonesia pun akan menjadi pasar prioritas bagi Inchcape berikutnya.

Baca Juga: Mercedes-Benz: 100% Penjualan Mobil Listrik di Pasar Eropa pada 2030 Sulit Tercapai

Lebih lanjut, Khoo Shao Tze, President Director of Inchcape Indonesia berujar, Mercedes-Benz telah menjadi merek kendaraan mewah nomor satu di Indonesia selama bertahun-tahun. Inchcape bersemangat untuk melanjutkan keberhasilan ini dan juga mengembangkan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia.

"Penambahan Mercedes-Benz ke dalam portofolio merek kami di Indonesia adalah langkah penting dalam mencapai ambisi kami untuk menjadi mitra utama dalam perjalanan Indonesia ke era energi baru dan menjadi pemain penting dalam segmen premium mass to luxury," jelas dia.

Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur Indomobil menambahkan, pihaknya bangga bisa memiliki Mercedes-Benz sebagai bagian dari portfolio merek otomotif Indomobil.

"Dengan menggabungkan pengalaman dan keahlian kami di pasar Indonesia dengan kapabilitas global milik Inchcape, kami yakin merek Mercedes-Benz akan berkembang dan menjadi semakin besar di Indonesia," tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×