kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Generative AI Optimalkan Kemampuan Teknologi untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis


Senin, 11 Desember 2023 / 16:32 WIB
Generative AI Optimalkan Kemampuan Teknologi untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis
ILUSTRASI. Generative AI Optimalkan Kemampuan Teknologi untuk Mendorong Pertumbuhan Bisnis.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan teknologi sudah seharusnya berperan penting dalam pertumbuhan bisnis di berbagai sektor industri. Dalam dua dekade terakhir, teknologi transformatif seperti komputer personal, internet, dan ponsel, telah memberi pengaruh signifikan, bahkan mengubah budaya dan masyarakat. 

Dalam dunia teknologi yang terus bertumbuh, munculnya Generative Artificial Intelligence (Gen AI) menandai pergeseran penting dalam cara bisnis beroperasi dan berinovasi. Gen AI, yang ditandai dengan integrasi kecerdasan buatan ke dalam aktivitas sehari-hari, telah memicu implementasi yang berdampak signifikan di berbagai sektor, merevolusi proses bisnis, dan membuka peluang-peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Itulah sebabnya, tema yang diangkat pada CIO Summit 2023 adalah Gen AI. CIO Summit merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh perusahaan konsultan IT ternama, Devoteam G Cloud Indonesia. Digelar di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali, pada 18-20 Oktober 2023 lalu, acara ini disambut antusias oleh para peserta yang datang dari berbagai perusahaan yang memanfaatkan platform Google Cloud. 

Infrastruktur dan layanan Google Cloud dapat digunakan untuk menciptakan, mengembangkan, dan menyesuaikan model Gen AI untuk berbagai aplikasi bisnis. Melalui event ini, para pemimpin perusahaan diharapkan bisa mengetahui lebih dalam tentang Gen AI, fungsinya, serta implementasinya dalam produk dan operasional bisnis.

Baca Juga: GoTo dan TikTok Sepakati Kemitraan Strategis E-Commerce untuk Dorong Kemajuan UMKM

“Devoteam G Cloud merupakan perusahaan konsultan IT dan juga management service yang melayani klien, khususnya terkait Google Cloud Platform. Google Cloud Platform adalah infrastruktur dengan performa tinggi untuk cloud computing, analisis data, dan machine learning. Devoteam mampu melakukan implementasi apapun bentuk workload yang dibangun di atas Google Cloud Platform,” kata Country Director Devoteam G Cloud Indonesia, Hendrawan Deny Ardiyatman dalam keterangannya, Senin (11/12).

“Sebagai contoh, Amar Bank meluncurkan produk layanan digital yang bernama ‘Tunaiku’. Sebagian besar solusi Amar Bank dikelola di Google Cloud, bukan hanya di level product dan juga platform yang dapat diakses secara langsung oleh customer, namun data arsitektur mereka juga sudah berjalan di Google Cloud Platform seperti Data Warehouse, Data Lake, dan juga pembuatan Data Modeling. Jadi, Google Cloud merupakan platform yang digunakan oleh Amar Bank dalam day-to-day operation. Di era digital, teknologi  adalah kunci dari segala tantangan di institusi finansial, sehingga Amar Bank menyediakan solusi finansial untuk siapapun yang membutuhkan,” ujarnya.

“Ada pula Cinema 21 yang sudah memodernisasi teknologi mereka dengan Google Cloud, sehingga bisa melakukan pemesanan tiket dengan sangat mudah. Selain itu, hadir pula perwakilan pihak Perumda Pasar Jaya yang mempresentasikan teknologi yang sudah diterapkan. Mereka menggunakan teknologi Google Cloud untuk digitalisasi infrastruktur informasi mereka. Google Cloud menjadi suatu platform yang terbukti bisa menangani masalah yang dihadapi para pelaku bisnis, di segala sektor bisnis dan industri,” imbuhnya.

Tak hanya pelanggan Devoteam G Cloud Indonesia, calon pelanggan pun turut berpartisipasi pada event ini, untuk melihat tren teknologi terkini dari Google Cloud dan memahami lebih dalam tentang pengaruh Gen AI bagi perkembangan bisnis. Mereka berbagi pengalaman dan mendengarkan paparan dari sederet perusahaan yang sudah berhasil melakukan pembaruan pada perusahaannya.

Baca Juga: Telkom Berbekal ESG Bertransformasi Menjadi Perusahaan Telekomunikasi Digital

“Acara CIO Summit 2023 ini ditujukan untuk menyampaikan pengetahuan tentang Generative AI, serta teknologi terbaru dan fitur-fitur terkini yang dimiliki oleh Google Cloud. Para petinggi perusahaan atau pengambil kebijakan diharapkan bisa mengerti lebih dalam tentang Google Cloud serta fungsinya dalam menghadapi tantangan bisnis mereka," paparnya.

Gen AI  sangat potensial untuk membantu brand dan perusahaan dalam menangani beragam tantangan bisnis dan mendukung solusi yang inovatif dalam berbagai sektor. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×