kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

Hadapi Perkembangan Bisnis, JNE Express Bangun Gudang Dekat Bandara Soetta


Rabu, 24 Juli 2024 / 16:37 WIB
Hadapi Perkembangan Bisnis, JNE Express Bangun Gudang Dekat Bandara Soetta
ILUSTRASI. Pelanggan mengirim paket melalui agen JNE Express di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Senin (11/3/2024). PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) berharap, volume pengiriman barang meningkat sekitar 20%-30% secara nasional saat momen Ramadan dan Lebaran 2024. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE Express  menyatakan, perusahaan tetap memegang prinsip “Bersaing Namun Tetap Bersanding” dalam menjaga iklim usaha yang harmonis dan kolaboratif antar sesama pelaku bisnis logistik dan ekspedisi. Hal ini menanggapi perkembangan bisnis e–commerce dan logistik yang begitu cepat. 

"Seiring dengan perkembangan bisnis e-commerce yang begitu cepat, maka kebutuhan akan pengiriman barang dari penjual dan pembeli ikut merasakan pertumbuhan dan peningkatan yang cukup signifikan, sehingga banyak pemain baru di industri logistik yang bermunculan, baik perusahaan ekspedisi domestik dan juga perusahaan ekspedisi dari luar negeri ikut berinvestasi untuk berkompetisi mendapatkan marketshare logistik nasional," jelas Eri Palgunadi SVP Marketing Group Head JNE Express kepada Kontan, Rabu (24/7). 

Baca Juga: JNE Perkuat Ekosistem Digital E-commerce Shopee

JNE melanjutkan, bersama dengan perusahaan-perusahaan jasa pengiriman ekspres dan logistik lainnya yang tergabung juga dalam Asperindo (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia), perusahaan hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal distribusi kiriman. 

Eri menegaskan, dalam prinsipnya adalah JNE yakin jika ekosistem dimana JNE berada mengalami pertumbuhan yang baik, maka JNE pun dapat berkembang bersama.

Dengan demikian, JNE terus melakukam kolaborasi strategis dengan pihak – pihak yang terlibat dalam ekosistem dan mendukung kemajuan ekosistem yang tercipta merupakan solusi untuk mengatasi berbagai tantangan bersama.

Baca Juga: JNE Express Optimis Capai Target Pertumbuhan Bisnis 20%-30% Tahun Depan

Tahun ini JNE Express, optimistis capai target pertumbuhan sekitar 20% hingga 30% pada tahun depan. Hal ini didorong dengan perkembangan bisnis jasa layanan kurir di 2024 yang terus tumbuh.

Eri Palgunadi optimistis pula seiring dengan pemulihan ekonomi global, industri logistik di tahun 2024 diprediksi terus meningkat dan bisnis jasa layanan kurir di 2024 tetap optimis tumbuh dan berkembang.

Ia memaparkan, perkembangan bisnis JNE saat ini  didorong oleh faktor pergeseran dan perkembangan e-commerce yang begitu cepat, pertumbuhan UMKM dan perubahan perilaku konsumen dari offline ke online.

Dalam menjawab tantangan tersebut, JNE terus mengembangkan berbagai Inovasi yang dapat memenuhi kebutuhan pengiriman dengan kebutuhan konsumen sekarang, antara lain meningkatkan kualitas produk dan layanan. 

Baca Juga: Bisnis E-Commerce Diprediksi Memanas, JNE Express Optimis Capai Target Pertumbuhan

Dengan pergeseran perilaku tersebut, JNE melakukan berbagai upaya dan beradaptasi untuk mempertahankan  awareness dan engagement. Perusahaan rutin melakukan riset brand health check sehingga dapat menentukan langkah dan strategi yang tepat di tengah persaingan yang semakin ketat. 

"Selain itu dalam menjaga awareness dan engagement, perusahaan rutin menjalankan campaign yang relevan dengan target market saat ini dengan memaksimalkan asset media social, menjalankan program loyalty serta program activation yang berkelanjutan, dengan tujuan agar tetap mempertahankan awareness dan keterlibatan pelanggan serta terus menjaga dan menumbuhkan loyalitas pelanggan terhadap Brand kami," ucapnya. 

JNE juga terus melakukan terobosan inovatif melalui strategi distribusi yang efektif dalam mengirimkan paket seluruh pelanggan dengan memaksimalkan penggunaan moda transportasi udara, darat, mau pun laut, baik menggunakan armada milik JNE sendiri yang kini telah berjumlah lebih dari 11 ribu unit. 

JNE mengoptimalkan kerjasama, kolaborasi, serta bersinergi dengan pihak - pihak lain sebagai penyedia moda transportasi, sehingga tetap mempertahankan kualitas pelayanan dengan tarif kompetitif sehingga dapat mencapai pertumbuhan yang konsisten sebesar 20-30% per tahunnya.

Baca Juga: JNE Ekspress Optimistis Industri Logistik di Tanah Air Terus Tumbuh

Menyikapi perkembangan transformasi digital yang berubah sangat cepat serta dinamis, JNE berkomitmen untuk terus beradaptasi dan melakukan inovasi agar dapat selalu memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan melalui kualitas pelayanan prima.

JNE juga terus melakukan pengembangan maupun inovasi di bidang teknologi informasi (IT), serta infrastruktur atau jaringan seperti Gateway, Gedung Operasional maupun titik layanan (counter/ outlet) untuk dapat selalu memberikan pengalaman terbaik terhadap pelanggan.

JNE juga mengaktifkan fasilitas Megahub seluas 4 hektar di dekat area kawasan Bandara internasional Soekarna Hatta Tangerang Banten untuk mempercepat proses sortasi barang keluar dan masuk sehingga pengiriman kepada konsumen akan lebih efektif. 

Dalam menghadapi persaingan, berbagai program layanan dan inovasi terus dilakukan JNE, saat ini JNE telah melakukan pengembangan Fasilitas E-fullfilment warehouse.

Fasilitas ini merupakam sistem pergudangan terintegrasi untuk memudahkan pengembangan serta mengoptimalisasi bisnis online para pelaku UMKM dalam penyimpanan dan pengiriman barang. 

Baca Juga: JNE dan Bandara Internasional Bali Utara Jalin Kerja Sama Logistik dan Ekspedisi

JNE juga memberikan berbagai promo kepada pelanggan, seperti Program promo seperti diskon ongkir, Program apresiasi untuk loyal customer para member JLC (JNE Loyalty Card), Program pemberdayaan komunitas seperti workshop atau pelatihan gratis untuk meningkatkan daya saing para UMKM di era digital. 

"Kami juga lakukan penyediaan area co - working space, hingga studio foto secara gratis untuk UMKM, memberikan digital exposure dengan mengangkat produk UMKM di media sosial JNE PESONA (Pesanan Oleh – oleh Nusantara) JNE,  platform yang diperuntukan untuk UMKM Kuliner dan Souvenir  khas daerah untuk dapat memperluas pemasaran para UMKM ke seluruh Indonesia. Dan beragam program lainnya untuk UMKM," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×