kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hari ini, Pos Indonesia jualan tiket kapal lo!


Jumat, 02 November 2012 / 09:41 WIB
Hari ini, Pos Indonesia jualan tiket kapal lo!
ILUSTRASI. nilai tukar dolar-rupiah di BNI, Kamis (19/8)./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/06/01/2021


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Untuk mendongrak penjualan tiket sehingga kinerja perusahaannya bisa meraih untung, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menggandeng PT Pos Indonesia untuk pendistribusian tiket. Maklum, tahun lalu perusahaan ini masih merugi.

Dengan adanya kerjasama itu, Pelni berharap tahun depan bisa menjual 5,5 juta tiket penumpang. Jumlah tersebut meningkat 22% dibanding target tahun ini yang mencapai 4,5 juta tiket.

“Target yang kami pasang tidak terlalu besar, karena untuk tahun pertama kerjasama ini baru dilakukan di cabang-cabang besar di beberapa daerah,” ujar Asep Suparman, Direktur Komersial PT Pelni, Kamis  (1/11).

Pembelian tiket melalui kantor pos akan resmi di-launching hari ini, Jumat (2/11). Asal tahu saja penandatangan kerjasama dengan PT Pos sudah dilakukan pada tahun lalu.

Asep menjelaskan, saat ini, mereka sedang berupaya merampungkan teknologi yang bisa menghubungkan jaringan koneksi antara kantor pos pusat dengan setiap cabang-cabang kecil perusahaan ini. Sayang, dia enggan menyebutkan target realisasi pengabungan koneksi itu.

Sinergi dua BUMN ini diharapkan bisa menguntungkan kedua belah pihak. Dalam kerjasama ini, Pos Indonesia akan mendapatkan 2,5% dari harga setiap tiket yang terjual. “Prinsip yang kami gunakan sama dengan prinsip yang diterapkan pada agen penjual tiket,” jelas Agus.

Adapun, hingga kuartal ketiga ini, Pelni menunjukkan pertumbuhan kinerja. Pada akhir September 2012, perusahaan sudah berhasil mengangkut sekitar 4 juta penumpang. Pencapaian tersebut naik 1,4% dari periode yang sama tahun lalu.

Itu artinya, Pelni sudah merealisasikan 88,9% dari target penumpang yang dibidik sepanjang tahun ini, yaitu 4,5 juta penumpang. Meningkatnya jumlah penumpang tahun ini disokong kondisi perekonomian Indonesia yang cenderung stabil, sehingga daya beli juga membaik.

Selain menjalin kerjasama dengan Pos Indonesia, demi mencapai target jumlah penumpang, Pelni juga memodifikasi sejumlah kapal penumpang yang dimiliki. Dengan modifikasi itu, maka setiap unit kapal mampu mengangkut lebih banyak penumpang.

Asep tidak menyebutkan  spesifik besaran peningkatan kapasitas penumpang kapal. Dia hanya bilang, dengan adanya modifikasi tersebut, perusahaan berharap dapat meningkatkan pendapatan sekitar Rp 65 miliar-Rp 70 miliar per tahun. Sekadar gambaran, saat ini rata-rata satu kapal angkutan penumpang Pelni hanya menyumbang pendapatan berkisar Rp 2 miliar-Rp 3 miliar per tahun.

Selain melayani kapal penumpang, Pelni juga menyediakan jasa angkutan barang. Saat  ini, perusahaan mempunyai 3 kapal perintis, 25 kapal penumpang, 4 kapal barang dan 4 kapal roro untuk operasional sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×