Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menutup bulan Mei 2022, pasar otomotif nasional mencatat penjualan ritel sekitar 381.000 unit, atau naik 18,5% dibandingkan periode sama tahun 2021 lalu sekitar 322.000 unit.
Sedangkan pada sisi penjualan brand, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor dua penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel hingga Mei 2022 sebanyak lebih dari 73.000 unit, atau naik 34,7% dibandingkan penjalan di periode sama di tahun lalu.
Daihatsu juga mencetak kenaikan market share sebesar 2,3% menjadi 19,3% dibandingkan periode Januari-Mei 2021 sebesar 17%. Alhasil, kenaikan persentase market share Daihatsu lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional.
Baca Juga: Produksi Toyota di Bulan April Meleset dari Target, Ini Penyebabnya
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu tetap didominasi tiga besar model, seperti Sigra sebanyak 18.069 unit atau berkontribusi 24,5%. Setelah itu, disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 16.954 unit (23,0%) dan Xenia dengan raihan 9.910 unit (13,4%).
“Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan penjualan 5 bulanan dengan raihan positif yang terus mendekati level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19," ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam siaran pers yang diterima Kontan, Kamis (9/6).
Dia pun berharap, pencapaian baik ini yang disertai penurunan kasus Covid-19 di Indonesia dapat kembali menggairahkan pasar otomotif nasional.
Baca Juga: Grup Astra Mulai Bertransisi dengan Ekspansi ke Bisnis Hijau
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News