Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar
KONTAN.CO.ID - Penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus corona Covid-19 menerpa hampir semua sektor usaha termasuk industri otomotif.
Maklum saat PSBB semua diler mobil baik mobil baru mapun mobil bekas hanya boleh beroperasi secara terbatas bahkan sebagian tempat harus menutup gerai-gerai mereka. Akibanya penjualan kendaraan bermotor termasuk mobil terus mengalami tekanan dalam sejak awal tahun ini.
Karena itulah diler mobil sebagai ujung tombak penjualan mobil di tanah air musti banting setir agar tetap bisa menjual produk selama masa PSBB. Salah satu cara yang dilakuka oleh agen pemegang merek mobil Honda, yakni PT Honda Prospect Motor dengan merambah pasar online.
PT Honda Prospect Motor mencoba meluncurkan program pembelian mobil Honda secara online kepada konsumen. Honda juga menggandeng beberapa situs e-commerce untuk memudahkan pembelian mobil secara online.
Honda Prospect Motor mengklam upaya ini mampu meningkatkan jumlah konsumen yang melakukan pembelian mobil Honda secara online.
Sebagai catatan ada akhir tahun 2019 lalu, pembelian mobil Honda yang dilakukan secara online tercatat masih di bawah 5%. Sebagai gambaran total penjualan mobil Honda menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan Mobil Honda sepanjang tahun lalu mencapai 137,339 unit. Artinya penjualan mobil Honda secara online mencapai tak lebih dari 6.867 unit. (lihat tabel)
Sementara pada bulan April 2020, pembelian mobil Honda secara online meningkat hingga mencapai sekitar 20% dari seluruh total penjualan Honda di Indonesia.
Sebagai gambaran Gaikindo mencatat penjualan mobil Honda sepanjang April 2020 lalu mencapai 1.180 unit, artinya penjualan mobil lewat jalur online mencapai 236 unit dalam sebulan.
SELANJUTNYA>>>
Yusak Billy Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor menjelaskan, kenaikan penjualan mobil Honda secara online dipengaruhi antara lain oleh pembatasan aktivitas konsumen di luar rumah dan juga perilaku konsumen yang semakin terbiasa melakukan belanja secara online.
Sebelumnya pembelian mobil Honda secara online terutama berasal dari konsumen yang pernah melakukan pembelian mobil Honda atau repeat order. Namun saat ini jumlah konsumen baru yang membeli mobil Honda secara online terus meningkat.
"Kami melihat hal ini juga akan terus meningkat setelah kita memasuki era normal yang baru nanti," katanya dalam pernyataan tertulis Rabu (20/5).
Agar penjualan online meningkat, Honda menawarkan promosi “Beli Honda di Rumah Aja”.
Program ini berlaku konsumen yang melakukan pembelian melalui situs honda-indonesia.com, situs resmi dealer, dan berbagai jalur online lainnya. Misalnya pembelian Honda Mobilio dan Honda BR-V secara online, konsumen akan mendapatkan gratis cicilan sebanyak 3 bulan.
Selain itu konsumen akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala yakni gratis jasa plus suku cadang (parts) sampai denga 50.000 km atau 4 tahun. Khusus untuk pembelian Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda CR-V, Honda Jazz, Honda Brio dan Honda HR-V.
Beberapa e-commerce yang digandeng Honda Prospect Motor adalah Blibli dan Tokopedia. Melalui kerjasama ini, Honda membuka toko resmi alias official store penjualan mobil Honda, serta memberikan promo eksklusif untuk konsumen yang melakukan pembelian di kedua situs penjualan online tersebut.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News