Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Meski baru dua bulan resmi meluncur, Honda Brio ternyata mampu memikat pasar otomotif di Tanah Air. Mobil tipe mungil ini malah sudah menjadi penguasa pasar jenis city car.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), total penjualan Honda Brio sepanjang Agustus hingga September lalu, mencapai 3.472 unit. Keberhasilan penjualan ini membuat Brio sukses mencuil 11,2% dari total pasar city car di rentang waktu yang sama.
Kalau dirinci, sepanjang Agustus atau hanya butuh waktu satu bulan saja, mobil berdapur pacu 1.300 cc ini langsung berhasil meraih angka penjualan sebanyak 1.062 unit atau sekitar 25% dari total pasar city car.
Begitu pula dengan penjualan September. Di bulan ini Honda Brio masih berada di posisi teratas dengan angka penjualan sebanyak 2.410 unit atau mencuil 25% dari total penjualan city car di bulan yang sama yang mencapai 6.573 unit.
Dengan hasil ini, Honda Brio masuk jajaran produk Honda terlaris. Peluncuran Honda Brio ini mampu memberi kontribusi penjualan Honda sebesar 30% dari total penjualan Honda di pasar domestik yang mencapai sebanyak 7.828 unit.
Yulian Karfili, Manajer Humas PT Honda Prospect Motor menyatakan kesuksesan Honda Brio sudah diprediksi setelah melihat hasil penjualan nan cemerlang di Thailand dan India. Berdasarkan hasil penjualan di dua negara itu, "Kami jadi yakin dengan animo pasar," katanya ke KONTAN kemarin.
Karena itu, Honda Prospect juga berani menargetkan penjualan Honda Brio sebanyak 2.000 unit per bulan. Adapun target penjualan sampai akhir tahun ini adalah sebesar 8.000 unit.
Untuk mengejar target tersebut, Honda Prospect gencar berpromosi ke segmen incaran Honda Brio, yakni kalangan muda kelas menengah dan berstatus sebagai pengemudi pemula. Seperti menjadi sponsor dalam perhelatan Hai Day akhir pekan lalu.
Maklum, pabrikan yang lain juga mengincar pasar city car yang lumayan gemuk ini. Seperti PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors yang baru saja melansir produk andalan yakni Mitsubishi Mirage.
Diprediksi Mirage bakal jadi pesaing terberat Honda Brio. Dari data Gaikindo, penjualan mobil berdapur pacu 1.200 cc, sepanjang September lalu mencapai 1.134 unit.
Menurut Jerry Amran, Manajer Divisi Humas dan Sumber Daya Manusia Krama Yudha, Mirage memang punya banyak keunggulan. Salah satunya, kemampuannya bermanuver di radius 4,4 meter, sedangkan Honda Brio di radius 4,5 meter.
Harga Mirage juga bersaingan. Untuk Mirage spesifikasi terendah, GLX manual, hanya Rp 139 juta. Sementara Honda Brio untuk tipe S transmisi manual dilego Rp 149 juta per unit. "Faktor ini juga menjadi pertimbangan konsumen," katanya ke KONTAN.
Melihat hasil ini, Krama Yudha yakin bisa menjual sebesar 1.000 unit per bulan atau sebesar 4.000 unit sampai akhir tahun ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News