kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutama Karya siap menerapkan sistem transaksi tol nirsentuh berbasis MLFF


Kamis, 28 Januari 2021 / 20:34 WIB
Hutama Karya siap menerapkan sistem transaksi tol nirsentuh berbasis MLFF
ILUSTRASI. Hutama Karya siap menerapkan sistem transaksi tol nirsentuh berbasis MLFF.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) siap mendukung program sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis multilane free flow (MLFF).

Seperti diketahui, Roatex, Ltd. Zrt. asal Hungaria, ditetapkan sebagai pemenang tender sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multilane free flow (MLFF).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan, dalam persiapannya, seluruh teknis pemasangan akan dikerjakan oleh Roatex Ltd. Ztr.  Untuk mengimplementasikan MLFF tersebut, rencananya Roatex dan badan layan umum (BLU) akan melalukan staging mulai dari Single Lane Free Flow (SLFF) dengan sticker Radio Frequency Identification (RFID) hingga MLFF dengan mengembangkan Global Navigation Satellite System (GNSS).

"Sehingga saat ini Hutama Karya masih menunggu arahan selanjutnya terkait pemasangannya," kata Fauzan kepada kontan.co.id, Kamis (28/1).

Baca Juga: Roatex menang tender transaksi jalan tol nirsentuh, ini rencana konstruksinya

MLFF sendiri merupakan transaksi pembayaran jalan tol dengan teknologi nirsentuh yang memungkinkan kendaraan tidak perlu berhenti ketika membayar tarif di gerbang tol. Solusi teknologi yang akan diterapkan berbasis GNSS (Global Navigation Satelite System) yang merupakan teknologi paling mutakhir dalam sistem transaksi nontunai nirsentuh berbasis MLFF.

Rencananya, implementasi sistem tersebut dilakukan dengan beberapa alternatif. Salah satunya dengan menggunakan financial technology (fintech) dalam negeri seperti LinkAja, GoPay, dan Ovo.

Hutama Karya juga mendukung penggunaan transaksi pembayaran digital menggunakan Ovo, Gopay, Link Aja, maupun produk lainnya dalam penerapan sistem MLFF nantinya.

Selanjutnya: Jasa Marga dan Telkom bakal digandeng Roatex dalam sistem pembayaran tol MLFF

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×