kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,28   13,06   1.31%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Industri Kimia Dasar Anorganik Belum Pulih dari Pandemi


Kamis, 09 Juni 2022 / 18:17 WIB
Industri Kimia Dasar Anorganik Belum Pulih dari Pandemi
ILUSTRASI. Michael Susanto Pardi, Direktur Indonesian Acids Industry yang juga Ketua Umum Asosiasi Kimia Dasar Anorganik (Akida) 


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri kimia dasar anorganik belum lepas dari jerat efek gulir pandemi Covid-19.  Asosiasi Kimia Dasar Anorganik Indonesia (Akida) mencatat, angka utilisasi produksi industri kimia dasar anorganik masih berkisar 40%-60% pada periode berjalan kuartal II 2022 ini.

Angka tersebut masih lebih rendah jika dibandingkan dengan angka normal utilisasi produksi saat pra pandemi Covid-19.

“(Utilisasi produksi pra pandemi) biasanya 70%-90%,” ujar Ketua Akida, Michael Susanto Pardi saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (8/6).

Dalam catatan Michael, angka produksi kimia dasar anorganik sebenarnya sempat lumayan mengalami kenaikan pada kuartal IV 2021 lalu. Hanya saja, angka tersebut kembali menciut seturut efek gulir Perang Rusia-Ukraina, inflasi, dan disrupsi rantai pasok.

Baca Juga: Indonesia Targetkan Ketergantungan Bahan Baku Obat Impor Turun Hingga 20% di 2026

Di sisi lain, industri kimia dasar anorganik juga dihadapkan pada ancaman inflasi. Michael berujar, industri hilir sebagai pembeli produk-produk dari industri kimia akan cenderung memilih untuk mengurangi produksi karena tidak ingin terus membeli bahan baku dengan harga tinggi. Walhasil, permintaan terhadap industri kimia dasar anorganik bisa ikut terdampak.

Menurut Michael, langkah pemulihan industri kimia dasar anorganik bisa dimulai dengan mengutamakan produk-produk dalam negeri.

Michael menilai, arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk belanja produk dalam negeri yang mulai diinisiasi oleh BUMN dan diterapkan dalam belanja pemerintah perlu dikawal secara ketat.

“Kalau produk jadi nasional turun,  industri nasional tidak beli bahan baku kimia dari kami. Akida adalah pemasok bahan baku untuk industri hilir nasional,” terang Michael.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×