kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Ini alasan ARPU Smartfren Telecom (FREN) terus turun


Jumat, 14 Agustus 2020 / 18:30 WIB
Ini alasan ARPU Smartfren Telecom (FREN) terus turun
ILUSTRASI. ARPU PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) turun di semester I-2020


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain masalah kinerja keuangan yang kurang menggembirakan, PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) juga mengalami penurunan rata-rata pendapatan per pengguna atawa average revenue per user (ARPU). 

Padahal, di saat yang sama jumlah pelanggan dan pendapatan FREN terus bertambah. Pada akhir 2019, ARPU perusahaan telekomunikasi ini turun 25% dibanding 2018. Sedangkan pada periode pertama 2020, ARPU yang dicatatkan FREN juga ambrol 17% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Terkait hal tersebut, Presiden Direktur FREN Merza Fachys menjelaskan, penurunan ARPU terjadi lantaran strategi Smartfren yang banyak membuat varian produk. Namun, penambahan jumlah pelanggan paling banyak terjadi pada segmen menengah ke bawah. 

Baca Juga: Smartfren (FREN) masih cetak rugi meski pelanggan dan pendapatan naik, ini alasannya

"Kami buat dari yang paling murah, sampai dengan yang paling mahal, cukup komplit. Banyaknya penambahan berjuta-juta pelanggan yaitu didenominasi menengah ke bawah," jelas dia dalam public expose virtual, Jumat (14/8).

Kendati begitu, Merza melihat kondisi ini bukan sebagai kendala. Sebab, yang terpenting bagi FREN saat ini adalah bisa menarik sebanyak mungkin pengguna agar bisa mendongkrak pendapatan. 

"Buat kami yang penting revenue menunjukkan peningkatan signifikan, pelanggan naik signifikan. Ini yang menyebabkan kami terus melakukan ekspansi pelanggan," kata dia. 

Penambahan jumlah pelanggan di segmen mana pun, imbuh Merza, menjadi sinyal positif bagi pengembangan bisnis Smartfren ke depan. Yang terpenting ialah bagaimana menjaga pelanggan agar tidak beralih, sembari terus menarik pengguna baru.

"Maka kami yakin secara gradual ARPU akan meningkat. Kita memang masih dalam masa perkembangan, masih butuh banyak lagi pelanggan yang kita harapkan akan mengguankan produk Smartfren," pungkas Merza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×