kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini alasan pemilihan Amien selaku Kepala SKK Migas


Rabu, 19 November 2014 / 14:45 WIB
Ini alasan pemilihan Amien selaku Kepala SKK Migas
ILUSTRASI. Logo Mercedes Benz


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Menteri ESDM, Sudirman Said akan melantik mantan petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi Amien Sunaryadi sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Jumat (21/11) esok.

"Hari Jumat akan kemungkinan dilantik oleh Menteri ESDM," ungkap Menteri ESDM di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/11).

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat mantan petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi Amien Sunaryadi sebagai SKK Migas.

Sudirman mengungkapkan pengangkatan Amien didasarkan atas Keputusan Presiden (Keppres) nomor 189/M/2014 tanggal 18 november 2014. "Keppres ini mengangkat bapak Amin Sunaryadi, sebagai kepala SKK Migas. Saat keppres diterbitkan, bapak Amin Sunaryadi sudah bisa kerja sebagai Kepala SKK Migas yang baru, permanen," ungkap

Selain itu, jelasnya, keputusan presiden itu juga berisi tentang pemberhentian Rudi Rubiandini sebagai kepala SKK Migas, terhitung mulai 22 April 2014 lalu. Dengan demikian, Rudi sudah berhenti permanen. Kedua, memberhentikan Johannes Widjonarko sebagai pelaksana tugas kepala SKK Migas. "Keppres ini berhentikan keduanya." Jelasnya.

Lebih lanjut Menteri ESDM mengungkapkan sejak beberapa pekan lalu proses pemilihan Kepala SKK Migas sudah dimulai. Proses awal seleksi, Menteri ESDM menyampaikan usulan nama calon Kepala SKK Migas kepada Komite Pengawas SKK Migas.

Kemudian, jelas dia, usulan tersebut diseleksi pengawas. Yakni, Menteri ESDM mengirim lima nama ke Komite Pengawas. Kemudian mengkaji dokumen yang berurusan dengan pengusulan Kepala SKK Migas.

"Sebagai penjelasan kenapa Menteri ESDM berikan dua nama, karena keduanya orang itu memiliki integritas dan kompetensi tinggi di bidang masing-masing. Khusus untuk pak Amien, sebagai menteri ESDM, saya menilai SKK Migas harus diurus oleh seorang pejuang," jelasnya.

Dan menurut pendapat Menteri ESDM, Sosok Amien adalah pribadi yang punya kategori sebagai pejuang. "Jasa beliau, sebagai salah satu pimpinan KPK jilid pertama, adalah mendesain sistem kerja KPK. Dan kekuatan beliau, sebagai orang yang sangat concern pada sistem kelembagaan sangat dibutuhkan SKK Migas," ujarnya.

"Maka dari itu, tugas penting lingkungan ESDM adalah bangun kepercayaanmasy. Maka dari itu, kita butuh figur beliau untuk kembalikan kepercayaan masyarakat kepada SKK Migas dan jajaran kementerian ESDM," tandasnya. (Srihandriatmo Malau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×