kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Ini upaya KLHK kendalikan kebakaran hutan dan lahan


Senin, 25 Mei 2020 / 15:48 WIB
Ini upaya KLHK kendalikan kebakaran hutan dan lahan
ILUSTRASI. Warga mengambil gambar saat terjadi kebakaran lahan di Bunguran Selatan, Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (16/2/2020).

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan telah menyiapkan berbagai upaya untuk mengendalikan kebakaran hutan  dan lahan (karhutla).

Langkah pertama adalah memperkuat koordinasi berbagai pihak mulai dari Kementeran/Lembaga, pemerintah daerah hingga mitra kerja usaha.

Baca Juga: KLHK gandeng Gapki cegah kebakaran lahan dan hutan di areal gambut perkebunan

Menurut Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan  KLHK, Basar Manulang adanya Inpres nomor 3 tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan menjadi arahan bagi seluruh pihak untuk bersinergi dalam pengendalian karhutla.

Upaya berikutnya adalah mendorong pemerintah daerah untuk memperkuat kesiapsiagaan dalam mengantisipasi potensi karhutla. Dia juga menyebut, dilakukan berbagai patroli sebagai upaya pencegahan karhutla.

"Terdapat patroli rutin oleh Manggala Agni atau Brigdalkarhutla unit-unit Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan juga di hutan konversi oleh personil BKSA/TN di kawasan rawan karhutla dan paroli terpadu yang dilakukan oleh Manggala Agni bersama TNI, Polri dan Masyarakat Peduli Api,” kata Basar kepada Kontan, pekan lalu (19/5).

Baca Juga: KLHK catat ada 8.254 ha luas kebakaran hutan dan lahan periode Januari-Maret 2020

Selain itu, ada pula patroli melalui udara yang dilakukan secara rutin oleh tim terpadu. Patroli udara ini dilakukan melalui helikopter.

Basar melanjutkan, KLHK juga melakukan detensi dan titik panas (hotspot), dimana bila ditemukan adanya titik panas, maka akan dilakukan pengecekan lapangan oleh para petugas.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×