kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Inilah mobil sport dua pintu andalan Toyota


Rabu, 02 Mei 2012 / 10:46 WIB
Inilah mobil sport dua pintu andalan Toyota
ILUSTRASI. Botol kosong vaksin COVID-19 Oxford/AstraZeneca terlihat di pusat vaksinasi di Antwerpen, Belgia, Kamis (18/3/2021).


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Toyota kembali membuat kejutan tahun ini. Perusahaan otomotif asal Jepang ini berniat untuk meluncurkan mobil sport terbarunya pada Juni mendatang.

Mobil sport yang akan diluncurkan ini akan memakai mesin boxer, mesin hasil kolaborasi dengan Subaru - GT Hachi-Roku (86).

Rencana peluncuran mobil sport ini disampaikan oleh Widyawati, general Manager Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) saat acara diskusi “Media All-New Camry Test Drive” di Bali, pekan lalu.

Dalam penjelasan Widyawati, adanya kritik suara mesin GT86 yang kurang keras sudah terjawab dengan versi TRD, hasil modifikasi. “Dengan versi TRD, keinginan konsumen memperoleh knalpot yang meraung yang lebih heboh bisa diperoleh,” terang Widyawati.

Modifikasi yang dilakukan TRD terhadap GT 86 itu tidak hanya untuk mendongkrak tenaga mesin, tetapi juga untuk penampilan yang lebih gaya dan sporty.

Saat ini Toyota Jepang menawarkan dua varian GT86, yaitu speks rendah dan tinggi. Perbedaan mencolok selain bodi dan knalpot, adalah ukuran pelek dan ban digunakan. Bila GT86 standar menggunakan ban 205/55R16, untuk speks tinggi 215/45R17.

Hal menarik dari mobil ini, mesin merupakan tipikal "square", langkah dan diameter piston silinder sama, yaitu juga hachi-roku alias 86. Perbedaan lain, speks tinggi 40 kg lebih berat, konsumsi bahan bakar lebih rendah, yaitu 12,4, sedangkan standar (klaim Toyota) 13 km/liter. (Zulkifli BJ/Kompas.com)

Spesifikasi GT86 standar

Item
Model
Kupe, 2 pintu
Mesin
Lokasi
Depan
Tipe
Boxer (harisontal berlawanan), 4 -silinder
Tenaga maks
147 kW(197PS) @7.000 rpm
Torsi maks
205 Nm @6.600 rpm
Garis merah
7.400 rpm
Turbo
Tidak ada
kapasitas
1.998 cc
Langkah x Diameter
86 x 86 cc
Perbandingan kompresi
12,5 : 1
Kontruksi
Aluminium
Pelumasan
Wet sump
Sistem bahan bakar
D-4S DI EFI
Transmisi
Manual/otomatik 6-percepatan
Penggerak
Roda belakang
Rem (depan-belakang)
Cakram berventilasi
Suspensi depan
MacPherson strut
belakang
Double wishbone
Ban
205/55R16
LSD
Manual
Diameter putar
10,8
Coefficient of drag (cd)
0,27
Dimensi (mm)
Panjang
4.240
Lebar
1.775
Tinggi
1.285
Pusat gravitasi
460
Jarak sumbu roda
2.570
Trek depan
1.520
Trek belakang
1.640
Jarak terendah
130
Distribusi bobot (depan)
53%
Berat
1.210 kg
Kapasitas tangki bensin
50 liter
Kontrol stabilitas
Vehicle Stability Control (VSC)
Konsumsi bahan bakar
13 km/liter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×