kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Inilah tarif layanan senior living dan club di Indonesia


Senin, 19 Agustus 2019 / 18:59 WIB

Inilah tarif layanan senior living dan club di Indonesia
ILUSTRASI. Citra Premier di Citra Garden City, perawatan lansia di Jakarta Barat


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Besarnya jumlah populasi lansia di Indonesia membutuhkan pelayanan kesehatan dan kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu, beberapa perusahaan sudah berlomba-lomba masuk ke segmen bisnis tersebut.

Marlin Marpaung, Presiden Direktur Senior Living D'Khayangan yang juga Ketua Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI) menyebut tarif yang ditawarkan pengelola senior living dan senior club di Indonesia bisa diakses semua kelas ekonomi.

Baca Juga: ASLI: Kebutuhan rumah untuk lansia tahun ini 14 juta

Ia menyebut range tarif senior living di Indonesia berkisar antara Rp 12 juta hingga Rp 24 juta per bulan dengan layanan prima. Termasuk layanan pemantauan kesehatan, makan tiga kali sehari dan seluruh aktivitas pendukung bagi lansia.

"Di D'Khayangan harga per bulan untuk dapat gaya hidup senior living untuk hunian termasuk makan 3 kali sehari, aktivitas pemeliharaan, jalan-jalan, internet, tv kabel itu hanya Rp 22 juta per bulan," ujarnya kepada KONTAN, Senin (19/8).

Ia menyebut tidak hanya menyewa bulanan saja, pihaknya juga menawarkan jasa per hari hingga per tahun. Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas cek tekanan darah setiap hari dan program serta aktivitas bagi lansia untuk kesehatan fisik, mental dan terhindar dari demensia.

Sedangkan Citra Premier Senior Club yang merupakan kerjasama PT Ciputra Residence dan Living Well Senior Communities juga menawarkan tarif yang kompetitif. Untuk per bulannya Citra Premier menawarkan tarif Rp 2,5 juta hingga Rp 3,2 juta per bulan.

Baca Juga: Senior Living juga menyasar kelas menengah bawah

Hanya saja, layanan senior club miliknya berbeda dengan senior living. Pasalnya, belum ada fasilitas menginap di Citra Premier, jadi lansia hanya datang pagi dan pulang malam. Dengan tarif tersebut para lansia sudah mendapatkan program, aktivitas, makan per hari bahkan menonton bioskop untuk film lawas.

"Saat ini sih yang datang per harinya sekitar 10-15 orang itu selain dari Citra Garden juga datang dari Kelapa Gading dan Meruya, terbanyak dari member," tutup Jonathan Budiman, Corporate Development Officer Ciputra Group.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×