kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.959.000   16.000   0,82%
  • USD/IDR 16.304   -11,00   -0,07%
  • IDX 7.533   43,20   0,58%
  • KOMPAS100 1.070   7,34   0,69%
  • LQ45 793   -2,68   -0,34%
  • ISSI 254   0,66   0,26%
  • IDX30 409   -1,29   -0,31%
  • IDXHIDIV20 467   -2,82   -0,60%
  • IDX80 120   -0,30   -0,25%
  • IDXV30 124   0,09   0,07%
  • IDXQ30 131   -0,56   -0,43%

JNE Genjot Pertumbuhan dan Perkuat UMKM lewat Inovasi Logistik


Jumat, 08 Agustus 2025 / 19:27 WIB
JNE Genjot Pertumbuhan dan Perkuat UMKM lewat Inovasi Logistik
ILUSTRASI. Pelanggan mengirim paket melalui agen JNE Express di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Senin (11/3/2024). PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) berharap, volume pengiriman barang meningkat sekitar 20%-30% secara nasional saat momen Ramadan dan Lebaran 2024. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Shintia Rahma Islamiati | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) mencatat tren pengiriman yang positif sepanjang semester I-2025.

Marketing Group Head JNE, Eri Palgunadi mengatakan pihaknya terus memaksimalkan penggunaan moda transportasi darat, laut, dan udara, baik melalui 11.000 unit armada milik sendiri maupun kerja sama dengan penyedia transportasi lainnya. 

“Strategi ini menjaga kualitas pelayanan dan menopang pertumbuhan pengiriman yang konsisten di kisaran 20%–30% per tahun,” ujarnya kepada Kontan, Jumat (8/8/2025).

Lebih lanjut, Eri mengatakan JNE juga mulai mengembangkan inisiatif berbasis teknologi seperti optimasi rute pengiriman dan layanan pelanggan dengan kecerdasan buatan (AI). 

“Kami bahkan telah menjajaki penggunaan kendaraan listrik dan drone untuk mendukung operasional berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga: Industri Logistik Lesu, ALI Soroti Daya Beli Melemah dan Efisiensi Belanja Pemerintah

Selain fokus pada efisiensi operasional, JNE memberikan perhatian khusus pada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Dengan jaringan lebih dari 8.000 titik di seluruh Indonesia, JNE menyediakan layanan logistik yang komprehensif, harga kompetitif, serta dukungan pemasaran. 

Perusahaan juga rutin menggelar riset brand health check, kampanye di media sosial, program loyalitas pelanggan, hingga aktivasi komunitas.

Salah satu program unggulan bagi UMKM adalah JNE Ngajak Online, yang sejak 2017 telah dilaksanakan di 183 kota dan diikuti sekitar 40.000 pelaku usaha. 

Program ini berfokus pada pelatihan pemasaran digital, strategi penjualan, dan optimalisasi pengiriman untuk meningkatkan daya saing UMKM di era digital.

Baca Juga: TIKI & BRI Berkolaborasi Permudah UMKM Akses Layanan Keuangan &Peluang Keagenan Kurir

Dukungan lainnya mencakup promo diskon ongkir, program apresiasi JNE Loyalty Card (JLC), penyediaan co-working space dan studio foto gratis, publikasi produk UMKM di media sosial JNE, hingga platform PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara) untuk memasarkan kuliner dan suvenir khas daerah.

JNE juga memperkuat infrastruktur dengan mengoperasikan fasilitas Megahub seluas 4 hektare di dekat Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Fasilitas ini mempercepat proses sortir barang sehingga pengiriman lebih efisien.

“Semangat connecting happiness menjadi landasan kami untuk terus bertumbuh, membangun hubungan yang kuat, dan meraih pertumbuhan berkelanjutan bersama mitra, karyawan, dan pelanggan,” tutup Eri.

Baca Juga: Tekan Biaya Logistik, Evermos Jalin Kerjasama dengan JNE

Selanjutnya: Harga Pangan Dunia Capai Level Tertinggi, Imbas Kenaikan Harga Daging & Minyak Nabati

Menarik Dibaca: 360.000 Turis Asing Naik Kereta Api KAI hingga Juli 2025, Ini Tujuan Favorit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU

[X]
×