kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

JobStreet Indonesia kecipratan berkah transformasi digital


Selasa, 12 Oktober 2021 / 09:25 WIB
JobStreet Indonesia kecipratan berkah transformasi digital


Reporter: Fahriyadi | Editor: Fahriyadi .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transformasi digital telah terjadi ke semua sektor kehidupan, termasuk dalam urusan lowongan pekerjaan. Dalam beberapa tahun terakhir, lowongan pekerja di portal lowongan kerja tak melulu berasal dari perusahaan besar menengah, bahkan perusahaan kecil dan sekelas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga mulai melakukan iklan rekrutmen via portal lowongan pekerjaan.

Country Marketing Manager JobStreet Indonesia Sawitri Hertoto mengungkapkan, banyak orang  beranggapan iklan lowongan pekerjaan menurun selama pandemic Covid-19. Namun, kenyataannya tidak seperti itu. Pasalnya, hal ini terdorong dari mulai beralihnya banyak perusahaan yang sebelumnya mengandalkan iklan lowongan kerja melalui media fisik menjadi digital.

“Secara jumlah iklan lowongan pekerjaan masih ada peningkatan, meskipun jumlah pelamar dalam satu iklan lowongan pekerjaan memang mengalami peningkatan dari biasanya saat pandemi ini,” ujar dia dalam Webinar Virtual Career Fair JobSteet, Senin (11/10).

Sawitri bilang saat ini JObStreet Indonesia menyediakan iklan lowongan pekerjaan sebanyak 22.000 iklan lowongan pekerjaan per hari untuk kandidat dari berbagai jenjang pendidikan serta jurusan.

Salah satu solusi mengatasi pandemi Covid-19 adalah dengan menggelar acara secara virtual. Hal ini pula yang dilakukan JobStreet selama pandemi. Setelah menggelar acara Virtual Career Fair (VCF) secara regional sebanyak empat kali, JobSteet akan menggelarnya dengan skala nasional pada 14-16 Oktober 2021 mendatang.

Sawitri menyebut acara VCF seperti ini bukan hanya menjadi ajang untuk pencari kerja mendapatkan pekerjaan tapi juga ajang meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Pasalnya, banyak perusahaan yang menggelar pelatihan dan webinar secara gratis bagi para pencari kerja.

Menurut dia, ajang promosi iklan lowongan pekerjaan seperti ini cukup menjanjikan. Pasalnya, dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia yang mencapai 6,26% sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2021 lalu, maka iklan lowongan pekerjaan pasti menjadi daya tarik tersendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×