kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

J&T Express merilis layanan premium


Kamis, 01 April 2021 / 21:32 WIB
J&T Express merilis layanan premium


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kecepatan menjadi hal yang penting dalam bisnis logistik. Siapa yang bisa mengirim barang dengan cepat dengan kualitas layanan memuaskan pasti akan menjadi pilihan konsumen. Persaingan yang cukup berat inilah akhirnya mendorong J&T Express merilis layanan premium yang diberi nama J&T Super.

Robin Lo, CEO J&T Express bilang, sekarang ini permintaan pengiriman cepat banyak dicari masyarakat. Maka manajemen pun mengembangkan layanan yang mengedepankan jaminan service level agreement (SLA). "Kami menargetkan pelanggan yang membutuhkan pengiriman barang dengan lebih cepat dari pengiriman regular dan terukur jam pengirimannya," ujarnya kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

J&T Super adalah inovasi pengiriman yang menjamin paket akan sampai pada hari yang sama untuk pengiriman dalam kota atau dalam waktu kurang dari 2 hari untuk pengiriman antar kota. Adapun aturan main SLA-nya pengiriman dalam kota yang sama jika dikirim dibawah pukul 10.00 wib akan sampai di hari yang sama sebelum pukul 21.00 wib. Namun bila pengiriman dilakukan dalam kota yang sama diatas pukul 10.00 wib atau beda kota maka paket akan sampai keesokan harinya sebelum pukul 12.00 wib.

Baca Juga: Luncurkan air freighter, J&T yakin bisnis dapat tumbuh hingga 70% di tahun ini

Kontan.co.id sudah berkesempatan mencoba layanan ini. Pengiriman dari Jakarta ke Kabupaten Tangerang dilakukan tidak sampai sehari. Paket dijemput pukul 09.35 wib dan sampai esoknya pukul 08.34 wib.

Sepintas mirip dengan layanan pengiriman sehari sampai yang disediakan oleh ojek online atau perusahaan ekspedisi lain, tetapi menurut Robin ini berbeda. Manajemen memberikan jaminan perlindungan paket tanpa biaya tambahan. Apabila paket yang dikirimkan tidak sampai sesuai SLA pengirimannya, maka konsumen bisa mengajukan klaim pengembalian 100% uang kembali dengan waktu proses 1x24 jam.

Kata Robin barang yang bisa dikirim menggunakan layanan ini cukup beragam mulai dari dokumen hingga makanan. Asalkan beratnya tidak lebih dari 3 kg. “Untuk jenis pengiriman makanan bisa dikirim dengan packaging yang aman tidak mudah hancur dan sesuai dengan ketentuan pengiriman J&T Express,” imbuhnya.

Sebagai layanan premium tentunya tarif J&T Super tidak sama dengan layanan lain. Harganya lebih tinggi dari biasanya. Contoh pengiriman antar kota Jakarta. Kalau tarif normal Rp 9.000 per/kg, maka untuk layanan anyar ini menjadi Rp 20.000 per/kg. Namun sampai 30 Juni nanti manajemen memberikan promo diskon ongkos kirim 20%-40% bagi pengguna layanan J&T Super.

Sayangnya jangkauan layanan anyar ini masih terbatas. Tahap awal hanya tersedia di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor. Layanan ini juga tidak bisa digunakan untuk pengiriman marketplace. Konsumen yang ingin menggunakan layanan J&T Super bisa datang langsung ke gerai atau menggunakan sistem pick up.

Selanjutnya: Persaingan kian ketat, JNE yakin pertumbuhan pengiriman akan capai 30% pada tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×