Reporter: Vina Elvira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. TikTok Shop by Tokopedia ‘Mall’ mencatatkan peningkatan jumlah penjual lebih dari 4 kali lipat pada semester I-2025 dibandingkan dengan semester II 2024.
Penjual ‘Mall’ di TikTok Shop adalah pemilik merek, distributor resmi, atau toko terverifikasi bereputasi tinggi.
Senior Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Stephanie Susilo menyatakan pertumbuhan pesat jumlah penjual ‘Mall’ di TikTok Shop by Tokopedia menunjukkan peran penting platform ini dalam membantu pelaku usaha di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk UMKM, untuk mengembangkan bisnis mereka.
“Kami pun menciptakan ruang di mana pembeli dapat #BelanjaAman lewat pilihan toko dan produk terpercaya yang makin beragam agar dapat membantu konsumen berbelanja dengan rasa percaya yang lebih tinggi,” ujar Stephanie, dalam siaran pers, Rabu (16/7).
Baca Juga: Resmi! Tokopedia & TikTok Shop Seller Center Diluncurkan Hari Ini
Dia melanjutkan, para penjual ‘Mall’ mendapatkan benefit eksklusif seperti badge khusus, voucher spesial, dan akses ke kampanye besar seperti promo tanggal kembar ‘Guncang’.
Selain itu, status ‘Mall’ juga membuat penjual tampil lebih strategis dalam consumer journey, sehingga visibilitas, kepercayaan, dan transaksi bisa naik signifikan.
Kategori produk terlaris di TikTok Shop ‘Mall’ pada semester I-2025, mencakup Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman. Beberapa produk dengan nilai transaksi tertinggi di kategori-kategori terlaris tersebut, antara lain sneakers wanita, lipstik, dan sambal.
Sejumlah penjual ‘Mall’ di TikTok Shop by Tokopedia mencatat pertumbuhan transaksi tertinggi dengan rata-rata lebih dari 15 kali lipat pada semester I 2025 dibandingkan semester II 2024, dan daftar merek dengan peningkatan transaksi tertinggi ini didominasi oleh brand lokal Indonesia.
Baca Juga: Bakal Jadi Pemungut Pajak, Tokopedia dan TikTok Shop Buka Suara
“Artinya, pembeli cenderung mencari produk-produk tersebut dari official brand, distributor resmi, atau toko terverifikasi yang umumnya berstatus ‘Mall’ di TikTok Shop. Ini jadi wawasan penting bagi industri: terlepas dari jenis atau harga produk, masyarakat kini makin mengandalkan toko-toko resmi seperti ‘Mall’ di TikTok Shop untuk memenuhi kebutuhan mereka,” jelas Stephanie.
Toko-toko yang berstatus ‘Mall’ di TikTok Shop akan secara bertahap terintegrasi dengan Tokopedia, menyusul diluncurkannya Tokopedia & TikTok Shop Seller Center. Sehingga mereka juga bisa berjualan melalui Tokopedia untuk menggarap pasar yang berbeda dan makin meningkatkan penjualan.
Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Shop Resmi Terintegrasi! Begini Tanggapan Pelapak
Selanjutnya: Kenapa Jumlah Bitcoin Terbatas Hanya 21 Juta Koin, Apakah bisa Dicetak Lagi?
Menarik Dibaca: 5 Aroma Parfum yang Cocok Dipakai Siang Hari, Segarnya Bikin Semangat!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News