kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45689,33   17,20   2.56%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Kementan manfaatkan teknologi untuk amankan pasokan pangan


Minggu, 05 April 2020 / 11:20 WIB
Kementan manfaatkan teknologi untuk amankan pasokan pangan
ILUSTRASI. Seorang operator belanja membelikan kebutuhan pangan konsumen di pasar Joyoaagung, Malang, Jawa Timur, Senin (30/3/2020). Kementan manfaatkan teknologi untuk amankan pasokan pangan. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) beradaptasi dengan kemajuan teknologi 4.0 guna mendukung pasokan pangan untuk masyarakat. Kementan dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia) telah melakukan kesepakatan kerja sama mengenai proses antar (distribusi) kebutuhan bahan pangan di masyarakat.

Bahan pangan tersebut bakal didistribusikan ke seluruh toko mitra tani Kementan se-Indonesia. Diharapkan dengan begitu dapat mengurangi aktivitas masyarakat ke luar rumah saat masa krisis wabah virus Covid-19 kini.

Baca Juga: Giliran Menteri KKP Edhy Prabowo minta industri perikanan diberi diskon pajak

Hal ini juga merupakan realisasi arahan Presiden Jokowi agar kebutuhan pangan masyarakat tetap tersedia sehingga tak menimbulkan kepanikan. Kementan telah menjamin 11 komoditas pangan akan aman stoknya hingga Lebaran nanti. 

"Kementan bisa bekerjasama dengan Gojek yang dikenal selama ini sebagai perusahaan berbasis online dalam aktivitasnya. Kementan cukup jeli melihat perkembangan zaman," ujar pengamat sosial ekonomi UI Riyanto, Minggu (5/4).

Menurut Riyanto, pemanfaatan kerja sama dengan Gojek tersebut juga memberikan harapan baru kepada para pengemudinya bahwa tetap bisa memperoleh pendapatan layak saat kondisi penurunan ekonomi sekarang.

Baca Juga: Kata Pemerintah Stok Pangan Aman, Pedagang Bilang Harganya Kemahalan

"Kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan Kementan memberikan arti untuk tetap tersedianya kebutuhan pangan masyarakat dan juga membantu ekonomi pengemudi Gojek tetap tumbuh sewaktu keadaan sulit begini," ucap Riyanto.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×