kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kementerian ESDM targetkan investasi sektor tambang capai US$ 7,7 4 miliar di 2020


Selasa, 11 Februari 2020 / 17:35 WIB
Kementerian ESDM targetkan investasi sektor tambang capai US$ 7,7 4 miliar di 2020
ILUSTRASI. ESDM optimistis realisasi investasi di tahun ini lebih tinggi ketimbang tahun 2019

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mematok target investasi di sektor tambang sebesar US$ 7,74 miliar sepanjang 2020 ini.

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengungkapkan, target tersebut lebih tinggi 19,08% dibandingkan dengan realisasi investasi di tahun lalu. 

Pada tahun 2019, realisasi investasi sektor tambang hanya US$ 6,5 miliar atau 5,35% dari target yang tertera dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang sebesar US$ 6,17 miliar.

Baca Juga: Lelang ruas WJD/WNT terganjal rencana induk dari Kementerian ESDM

Bambang mengatakan, realisasi tahun lalu ditopang oleh investasi yang berasal dari Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) yang porsinya 39%. "Ini karena sebagian besar perusahaan menggunakan jasa pertambangan, dan investasi dari pelaku usaha pertambangan lainnya berupa prasarana dan mesin," ungkap Bambang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR RI, Selasa (11/2).

Dari sisi jenis perusahaan yang melakukan investasi, investasi IUJP mencapai US$ 2,53 miliar di sepanjang tahun lalu. Disusul oleh investasi dari perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sebanyak US$ 1,3 miliar.

Selanjutnya, perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) PMA dan PMDN yang punya realisasi investasi sebesar US$ 683,6 juta, dan pemegang Kontrak Karya (KK) melakukan investasi sebesar US$ 672,7 juta.




TERBARU

Close [X]
×