kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kilang Banyu Urip produksi 130.000 barel per hari


Senin, 14 Desember 2015 / 23:14 WIB
Kilang Banyu Urip produksi 130.000 barel per hari


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) selaku Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Blok Cepu, mengumumkan pada Senin (14/12) bahwa produksi minyak dari proyek Banyu Urip di Bojonegoro, Jawa Timur telah meningkat secara bertahap ke lebih dari 130.000 barel minyak per hari (bph), seiring dengan dimulainya produksi dari Central Processing Facility (CPF).

Lapangan Banyu Urip diharapkan dapat menghasilkan 450 juta barel minyak selama masa operasi proyek.

Di Lapangan Banyu Urip sendiri terdapat 45 sumur yang berproduksi dari tiga tapak sumur, satu fasilitas pemrosesan pusat, jalur pipa darat/lepas pantai sepanjang 95 km, dan satu kapal tangki penyimpanan dan alir muat serta fasilitas bongkar-muat kapal di Laut Jawa.

ExxonMobil yang bermitra dengan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) dan Badan Kerjasama Blok Cepu (BKS) telah memulai produksi dari Banyu Urip sejak akhir tahun 2008 dengan peningkatan output bertahap seiring dengan bertambahnya fasilitas pengoperasian di tahun 2014 dan 2015.

Lapangan Banyu Urip merupakan proyek minyak terbesar di Indonesia dalam beberapa dekade terakhir, dan pada puncak produksinya akan menghasilkan sekitar 20% dari target produksi minyak nasional 2016.

“Proyek ini mencerminkan keahlian manajemen proyek yang melibatkan semua pihak termasuk SKK Migas, ExxonMobil, pemerintah daerah, para pemasok, dan badan-badan usaha lokal yang masing-masing telah menunjukkan kapabilitasnya,” tutur Dan Wieczyinski, Project Executive ExxonMobil Cepu Limited dalam siaran pers pada Senin (14/12).

Lapangan Banyu Urip telah berhasil dibangun oleh 5 konsorsium kontraktor EPC yang dipimpin oleh perusahaan nasional, dan mempekerjakan 17.000 pekerja lokal dan nasional pada titik puncak kegiatannya, atau 95% dari keseluruhan tenaga kerja proyek. Pembangunan fasilitas produksi Banyu Urip melibatkan lebih dari 460 subkontraktor Indonesia, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kapasitas nasional.

“Banyu Urip membantu memaksimalkan nilai sumber energi Indonesia dan menciptakan manfaat yang signifikan dan berkelanjutan,” kata Amien Sunaryadi, Kepala SKK Migas.

Jon M. Gibbs, Presiden ExxonMobil Cepu Limited mengatakan pihaknya berterima kasih atas dukungan pemerintah Indonesia, SKK Migas, mitra di Blok Cepu PT. Pertamina EP Cepu, Badan Kerjasama Blok Cepu, para kontraktor dan masyarakat.

ExxonMobil Cepu Limited sebagai operator memiliki penyertaan saham sebesar 45 persen di Lapangan Banyu Urip, PT. Pertamina EP Cepu memiliki 45 persen, serta empat Badan Usaha Milik Daerah, yaitu PT Blora Patragas Hulu, PT. Petrogas Jatim Utama Cendana, PT. Asri Darma Sejahtera, dan PT. Sarana Patra Hulu Cepu memiliki 10%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×