kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja ABM Investama (ABMM) masih bisa ditopang oleh bisnis jasa


Senin, 14 Oktober 2019 / 19:47 WIB
Kinerja ABM Investama (ABMM) masih bisa ditopang oleh bisnis jasa
ILUSTRASI. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) ABM di Jakarta, Kamis (2/5).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kinerja keuangan PT ABM Investama Tbk (ABMM) boleh saja mengalami perlambatan pada semester pertama lalu. Akan tetapi, sejumlah segmen bisnis perusahaan tambang batubara tersebut masih memperlihatkan peningkatan positif.

Mengutip laporan keuangan perusahaan, pendapatan ABMM menurun 23,97% (yoy) menjadi US$ 286,48 juta pada semester pertama lalu. Pendapatan dari lini bisnis kontraktor tambang dan tambang batubara tercatat turun 26,06% (yoy) menjadi US$ 205,04 juta.

Kendati demikian, ABMM masih bisa berharap dari lini bisnis jasa logistik dan sewa kapal yang membukukan kenaikan pendapatan sebesar 7,84% (yoy) menjadi US$ 48,10 juta. Begitu pula dengan lini bisnis jasa site service division dan reprabrikasi yang pendapatannya tumbuh 8,64% (yoy) menjadi US$ 8,92 juta.

Direktur ABMM Adrian Erlangga menjelaskan, pihaknya memiliki konsep operasional mining value chain. Konsep ini memungkinkan seluruh anak usaha perusahaan bersinergi dalam operasional tambang batubara mulai dari hulu hingga hilir.

Tak ayal, ketika ada satu segmen bisnis yang tersendat kinerjanya, segmen bisnis lainnya masih bisa menutupi kekurangan tersebut.

Ambil contoh pada bisnis jasa logistik dan sewa kapal ABMM yang pendapatannya masih bisa tumbuh 7,84% (yoy) di paruh pertama tahun ini. Harga batubara di pasar global memang cenderung tertekan.

Akan tetapi, produksi komoditas tersebut di Indonesia masih tumbuh signifikan. Beberapa perusahaan tambang pun masih terus menggenjot volume produksi batubaranya.

“Karena volume produksi meningkat, permintaan terhadap logistik dan penyewaan kapal kami masih stabil,” ungkap Adrian, Selasa (14/10).

Sekadar catatan, bisnis ABMM di bidang jasa logistic dan penyawaan kapal dijalankan oleh anak usahanya, PT Cipta Krida Bahari atau CKB Logistik.

Hal serupa juga terjadi pada lini bisnis jasa ABMM lainnya, yaitu site service division dan reprabrikasi yang juga mencatatkan kinerja positif. Permintaan terhadap bisnis tersebut tidak terpengaruhi oleh kondisi pergerakan harga batubara.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×