kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45790,50   -3,71   -0.47%
  • EMAS995.000 -1,19%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

KKP targetkan produksi ikan tangkap 8,2 juta ton tahun 2020


Senin, 30 Desember 2019 / 16:42 WIB
KKP targetkan produksi ikan tangkap 8,2 juta ton tahun 2020
ILUSTRASI. Sejumlah pedagang menyortir dan menata ikan hasil tangkapan nelayan di Pelabuhan Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Senin (13/5/2019). Sejak sepekan terakhir hasil tangkapan nelayan setempat mengalami penurunan sekitar 30 persen dari

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi ikan tangkap di 2020 akan mencapai 8,2 juta ton. Angka ini akan meningkat 3,8% dibandingkan produksi tahun ini yang diperkirakan mencapai 7,9 juta ton.

"Trennya positif terus. Tetapi kami tidak mau terlalu ambisius. Kita akan naik 8,2 juta ton. Kalau lebih tinggi lagi tidak apa-apa," ujar Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP M. Zulficar Mochtar, Senin (30/12).

Baca Juga: KKP permudah perizinan tangkap ikan jadi hanya satu jam

Menurut Zulficar, target tersebut bisa tercapai mengingat iklim penangkapan ikan yang sedang baik. Dia melihat nelayan yang semakin bersemangat menangkap ikan, jumlah kapal bertambah dan beberapa titik diisi oleh nelayan.

Berbicara tentang realisasi produksi ikan tangkap tahun ini, Zulficar mengakui data produksi ikan tangkap yang diterimanya belum mencapai 7,9 juta ton . Menurutnya, sampai saat ini produksi ikan tangkap baru sekitar 6 juta ton.

Zulficar juga menyebut data tersebut belum merupakan data terakhir. Dia optimistis, produksi ikan tangkap akan mencapai 7,9 juta ton di 2019. "Sejauh ini [produksi] kurang lebih 6 juta ton. Tetapi hasil terakhir nanti di triwulan terakhir, laporan-laporan dari pelabuhan kita kumpulkan dulu," ujar Zulficar.

Baca Juga: Kembangkan industri perikanan, KKP bangun sinergitas dengan daerah

Sementara itu, Zulficar juga menyinggung tingkat kepatuhan pelaku usaha yang melaporkan hasil tangkapannya. Menurutnya, selama setahun terakhir tingkat kepatuhan pelaku usaha semakin meningkat.

Dia tak menyebut berapa besar peningkatan kepatuhan di 2019. Namun dia menjelaskan di 2018, KKP mencatat terdapat 1,4 juta ton ikan yang tidak dilaporkan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×