kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,18   -1,18   -0.13%
  • EMAS957.000 0,53%
  • RD.SAHAM 1.14%
  • RD.CAMPURAN 0.23%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Konsorsium CTCorp lolos prakualifikasi pelabuhan Patimban, ini tanggapan peserta lain


Kamis, 22 Oktober 2020 / 16:23 WIB
Konsorsium CTCorp lolos prakualifikasi pelabuhan Patimban, ini tanggapan peserta lain
ILUSTRASI. ACST Telah Miliki Kapal Tongkang Pengaduk Semen di Patimban


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mendapatkan calon perusahaan operator yang lolos tahap pra kualifikasi proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, yang dilaksanakan dengan pendampingan bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Dalam prosesnya, Konsorsium CTCorp Infrastruktur Indonesia menjadi satu-satunya entitas yang lolos tahap prakualifikasi proyek tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Samudera Indonesia Tbk, Bani M Mulia menyebutkan pihaknya siap menerima hasil keputusan Kemenhubmengenai prakualifikasi apabiladitetapkan tidak lolos. Namun, pihaknya akan menggunakan kesempatan sanggahan untuk belajar dan memahami di mana letak kekurangan Konsorsium Samudera-Jababeka sehingga dianggap tidak memenuhi syarat kualifikasi.

Menurutnya, dari sisi pengalaman teknis, pengalaman proyek serupa, pengalaman financing, dan dukungan financing sudah semua disampaikan dan sesuai kriteria. Begitu pula dengan total asset size dan net size dari Konsorsium Samudera-Jababeka telah memenuhi minimum yang ditetapkan Kemenhub.

"Jadi kami belum paham di mana letak kekurangan kami di prakualifikasi kemarin. Itulah yang ingin kami dapatkan kejelasannya dari proses sanggahan," ujarnya kepada kontan.co.id, Rabu (21/10).

Baca Juga: CTCorp lolos prakualifikasi operator Patimbang, begini respons ABUPI

Bani juga menegaskan tetap mendukung pemenang dari proyek tersebut. Sebabnya, Pelabuhan Patimban dinilai akan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kelancaran logistik di Jawa dan Indonesia.

"Samudera Indonesia dan Jababeka, sebagai perusahaan pelayaran maupun juga sebagai pengembang kawasan industri di Jawa Barat tetap akan mendukung Patimban dan akan tetap menjadi pelanggan selama operator dapat memberkan layanan yang baik, produktif, dan efisien," urainya.

Sementara itu, PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI) mengaku tidak akan menyanggah hasil yang telah ditetapkan Kemenhub. "Kami tidak akan menyanggah keputusan dari penyelenggara tender operator Pelabuhan Patimban," ujar Ratna Ningrum, Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary Waskita Karya kepada kontan.co.id, Kamis (22/10).

Ratna bilang, WKI akan terus berpartisipasi aktif dalam investasi infrastruktur dengan menggandeng partner strategis, mengingat proyek infrastruktur yang masih cukup besar.

Selanjutnya: Konsorsium yang Diikuti CTCorp Lolos Pra Kualifikasi Pelabuhan Patimban

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×