kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,01   -1,74   -0.19%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Selatan dorong investasi di Indonesia


Kamis, 13 Juli 2017 / 11:37 WIB
Korea Selatan dorong investasi di Indonesia


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

JAKARTA. Pemerintah Korea Selatan terus mendorong pebisnisnya untuk ekspansi usaha ke Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN dan populasi keempat terbesar di dunia. Menurut data pemerintah Korea Selatan, selama tahun 2016, perdagangan antara Indonesia dan Korea Selatan menyentuh angka US$ 14,8 miliar.

Cho Tae Young, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara investasi yang paling penting bagi Korea Selatan. Selain memiliki teritorial dan jumlah populasi yang besar, kedua negara memiliki sejarah panjang hubungan perdagangan. "Indonesia adalah negara pertama yang beli T15 jet fighter yang dibuat Korea, Indonesia juga negara pertama yang beli kapal selam buatan Korea," ujar Cho di Jakarta, Kamis (13/7).

Indoneisa adalah negara kesebelas terbesar yang memiliki hubungan dagang dengan Korea Selatan. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara emerging market terbesar di ASEAN dengan menyumbang 40% GDP untuk ASEAN. Oleh karena itu, dirinya mengatakan bahwa investasi di Indonesia merupakan langkah tepat.

GDP Indonesia tahun lalu mencapai US$ 940 miliar dan pada tahun ini IMF memprediksi GDP Indonesia akan tembus angka US$ 1 triliun. Oleh karena itu, Cho yakin pada tahun 2030 mendatang, Indonesia akan menjadi negara ekonomi ketujuh terbesar di Indonesia. Pasar yang sangat penting bagi pebisnis Korea Selatan. "Media di Korea Selatan merilis negara yang akan menjadi pemain penting ekonomi di dunia ini dimulai dengan huruf I, yakni Indonesia dan India," lanjutnya.

Perdagangan Indonesia dengan Korea Selatan mencapai puncaknya pada tahun 2011 lalu dengan nilai perdagangan mencapai US$ 50 miliar. Dirinya berharap catatan tersebut bisa dilampaui dalam beberapa waktu dekat, seiring dengan kesadaran pebisnis Korea akan pentingnya pasar ASEAN dan Indonesia pada khususnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×