kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPI Unit Plaju tambah instalasi panel surya 25.000 WP untuk rumah sakit


Minggu, 10 Oktober 2021 / 14:09 WIB
KPI Unit Plaju tambah instalasi panel surya 25.000 WP untuk rumah sakit
Instalasi panel surya 25.000 WP di Rumah Sakit Pertamina Plaju.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai upaya pemanfaatan energi baru terbarukan, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Plaju telah membangun panel surya untuk menunjang kebutuhan energi di area perkantoran.

Penggunaan itu sudah dimulai sejak 2017 silam. Kala itu, panel surya On-Grid dengan kapasitas 9.000 WP (Watt-Peak) mulai beroperasi di Gedung Perkantoran PT KPI Unit Plaju.

Panel tersebut dibangun sebagai bentuk dukungan PT KPI Unit Plaju terhadap penggunaan green energy atau energi bersih dan ramah lingkungan di Pertamina. Dengan penggunaan energi terbarukan yang memanfaatkan sinar matahari, panel surya ini juga menyumbang kontribusi dalam mengurangi emisi CO2 dan efek rumah kaca atau pemanasan global.

Terbaru, PT KPI Unit Plaju sudah menambah instalasi dan kapasitas panel surya hingga 250.000 WP dan telah difungsikan di Rumah Sakit Pertamina Plaju, sebagaimana dikatakan Muchlish, salah satu Perwira PT KPI di fungsi Engineering & Development khususnya pada bagian Energy Control & Loss Control (ECLC).

PT KPI Unit Plaju juga telah mensosialisasikan pentingnya energi baru terbarukan kepada masyarakat sekitar yang bermukim di ring 1 wilayah operasi. Rangkaian sosialisasi telah dimulai dilakukan untuk masyarakat di Lorong Mari, Kelurahan Talangbubuk, Kecamatan Plaju, Kota Palembang.

Baca Juga: Lampaui target pengeboran, Pertamina Hulu Rokan selesaikan 47 sumur tajak

Dalam sosialisasi itu, masyarakat tampak antusias memperhatikan pengenalan teknologi panel surya yang dipaparkan oleh Muchlish yang mewakili PT KPI Unit Plaju. Dalam momen itu juga, PT KPI Unit Plaju mengajak masyarakat untuk mulai melek terhadap pentingnya penggunaan energi terbaru dan terbarukan. Hal itu merupakan keniscayaan mengingat di masa yang akan datang energi fosil saat ini perlahan digantikan dengan energi baru terbarukan.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju Siti Rachmi Indahsari mengatakan PT KPI Unit Plaju akan terus mendukung penggunaan energi baru terbarukan.

"Meskipun core business kami bersumber dari energi fosil, namun kami juga konsen mendukung pemanfaatan energi baru dan terbarukan di lingkungan perusahaan.  Selain itu juga, Kilang Musi akan terus memproduksi produk-produk yang ramah terhadap lingkungan," ujar Rachmi dalam keterangan resmi, Sabtu (9/10).

Selain itu juga Kilang Plaju tengah berhasil mengembangkan bahan bakar nabati berbasis Crude Palm Oil (CPO) B30 yang mendukung program pemerintah dalam bauran energi dan pencapaian target kemandirian energi nasional.

Kilang Plaju sejauh ini telah berhasil mengolah premium dari minyak kelapa sawit berjenis refined, bleached, and deodorized palm oil (RBDPO).

Selanjutnya: Industri hulu migas belum sepenuhnya pulih dari dampak pandemi covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×