CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.003,61   -12,39   -1.22%
  • EMAS973.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPPIP dorong optimasi pendanaan pengadaan tanah proyek strategis nasional


Kamis, 02 Desember 2021 / 08:21 WIB
KPPIP dorong optimasi pendanaan pengadaan tanah proyek strategis nasional
ILUSTRASI. Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo dalam Media Gathering Capaian Proyek Strategis Nasional Tahun 2016-2019


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemenko Perekonomian melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mendorong optimasi dana pengadaan tanah lanjutan yang sebelumnya telah dilakukan pada Juni 2021.

Hal ini dalam rangka membantu percepatan penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam kondisi Pemulihan Ekonomi Nasional akibat wabah Covid-19.

Optimasi dana pengadaan tanah lanjutan dilakukan kembali sehingga dana pengadaan tanah PSN dapat digunakan dengan lebih efektif.

KPPIP melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, serta Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk menyepakati keputusan optimasi dana pengadaan tanah antar sektor PSN.

Baca Juga: KPPIP: Proyek KA Tebing Tinggi – Kuala Tanjung ditargetkan selesai pertengahan 2022

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian selaku Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo menjelaskan, kebutuhan realokasi sementara Dana Pengadaan Tanah dari sektor lain untuk Jalan Tol ditujukan untuk dapat memperlancar proses pengadaan tanah untuk ruas-ruas tol PSN yang menjadi prioritas penyelesaiannya.

“Selain itu, untuk menyelesaikan kebutuhan pengadaan tanah untuk ruas-ruas tol PSN yang telah selesai agar dapat dikeluarkan dari daftar PSN,” kata Wahyu dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (2/12).

Kesepakatan yang dihasilkan adalah peminjaman sementara dari PSN Sektor Transportasi sebesar Rp 925,9 miliar untuk Sektor Jalan Tol. Untuk diketahui, Sektor Jalan Tol memiliki kebutuhan dana yang tinggi dan tingkat penyerapan yang cepat sehingga dana pengadaan tanah PSN dapat terus diserap.

Koordinator Project Management Office (PMO) KPPIP Sektor Jalan Tol, Kenwie Leonardo, menjelaskan dana yang dipinjamkan untuk PSN Sektor Jalan Tol akan dikembalikan ke masing-masing sektor tersebut dengan menggunakan alokasi dana pengadaan tanah Sektor Jalan Tol pada tahun anggaran 2022.

Baca Juga: KPPIP dorong percepatan reaktivasi jalur kereta di Semarang

"Dengan adanya sinergi antar sektor, diharapkan dana pengadaan tanah yang tersedia dapat digunakan sebaik mungkin dan tetap memperlancar proses pembebasan lahan serta mendorong proses konstruksi agar dapat berjalan,” kata Kenwie.

Adapun PSN yang masuk dalam daftar proyek prioritas menurut arahan Presiden Republik Indonesia mencakup Jalan Tol Trans Sumatera backbone, Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan, dan Jalan tol Solo – Yogyakarta – Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×