kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kuota Subsidi 2024 Dikurangi, Cek Harga Motor Listrik Polytron FOX-R & FOX-S


Selasa, 09 Januari 2024 / 16:40 WIB
Kuota Subsidi 2024 Dikurangi, Cek Harga Motor Listrik Polytron FOX-R & FOX-S
Peluncuran motor listrik Polytron Fox-S.


Reporter: Adi Wikanto, Diki Mardiansyah | Editor: Adi Wikanto

Harga Motor Listrik Polytron FOX-R & S Jakarta.  Kuota subsidi motor listrik tahun 2024 dipangkas. Simak harga motor listrik Polytron yang belakangan ini banyak diburu konsumen.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengumumkan pengurangan kuota subsidi motor listrik dari 600.000 unit menjadi 50.000 unit pada tahun 2024. Pengurangan kuota subsidi karena penjualan motor listrik jauh dari target.

Dikutip dari Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Roda Dua (SISAPIRa), realisasi penyaluran motor listrik bersubsidi hingga 26 Desember 2023 baru mencapai 11.532 unit.

Jumlah itu masih jauh dari target penjualan motor listrik subsidi tahun 2023 yang mencapai 200.000 unit. Padahal, pemerintah telah mempermudah syarat pembelian motor listrik bersubsidi yang mana masyarakat hanya perlu menunjukkan NIK KTP.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi berharap kelak kuota subsidi motor listrik dapat dikembalikan seperti semula. Aismoli pun menilai salah satu penyebab rendahnya penyerapan subsidi motor listrik adalah persebaran dealer yang belum merata di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Aismoli menggagas adanya gerai pusat penjualan motor listrik yang dapat diisi oleh berbagai merek penerima subsidi. Gerai ini dapat disediakan di kota-kota yang belum terjangkau oleh motor listrik.

"Dengan adanya semacam showroom bersama, maka ini dapat mendorong peningkatan penjualan motor listrik," kata Budi, Senin (8/1).

Selain itu, Aismoli juga meminta kepada pemerintah agar setiap Kementerian dan Lembaga dapat mengadopsi motor listrik untuk kebutuhan operasional. Terkait itu, Aismoli turut meminta pemerintah memonitor provinsi atau kabupaten mana saja yang sudah atau belum menggunakan motor listrik.

Sementara itu, PT Hartono Istana Teknologi (Polytron) telah menjual 6.000 unit motor listrik Polytron Fox-R melalui program subsidi sepanjang 2023. Polytron berambisi meningkatkan penjualan motor listriknya pada 2024 seiring dengan peluncuran model baru yakni Polytron Fox-S.

Selain model baru, Polytron turut mengembangkan fast charging station yang nantinya akan tersebar di seluruh outlet service center. Adapun saat ini Polytron memiliki 60 outlet service center di Indonesia.

Perusahaan ini juga mengoperasikan 37 showroom di berbagai kota Indonesia. "Untuk showroom Polytron EV, kami menargetkan akan membuka 60 outlet sehingga jumlahnya sama dengan outlet service center," jelas dia, Senin (8/1).

Harga motor listrik Polytron

Harga motor listrik Polytron semakin murah pada tahun 2024. Hal ini menyusul adanya produk baru motor listrik Polytron.

Perusahaan pembuat produk elektronik dengan nama brand Polytron, PT Hartono Istana Teknologi (Polytron) meluncurkan sepeda motor listrik FOX-S. Tahun lalu, Polytron telah menjual sepeda motor listrik Fox-R yang hingga akhir 2023 telah terjual mencapai sekitar 6.000 unit.

Penjualan motor listrik Polytron tahun 2024 ini diprediksi bisa lebih banyak lagi. Pasalnya, harga motor listrik Polytron yang baru semakin murah.

Commercial Director Polytron, Tekno Wibowo mengatakan, kebutuhan akan kendaraan listrik dan pasar yang makin dinamis, membuat Polytron melakukan riset cukup panjang, sehingga lahirlah FOX-S terbaru untuk memenuhi kebutuhan untuk mobilitas aktivitas ringan harian, dengan jarak tempuh kurang dari 60KM sehari dengan medan yang ringan.

"Hari ini kami meluncurkan Polytron FOX-S untuk konsumen segmen market dengan kebutuhan tidak mencapai 70 km seperti untuk ke pasar dan mengantar anak sekolah," kata Tekno saat peluncuran Polytron FOX-S, di PIK, Jakarta, Senin (8/1).

"Target penjualan FOX-S bisa dua kali lebih besar dari FOX-R, minimal 40 ribu unit untuk FOX-S dan FOX-R di tahun ini," tambahnya.

Ia menjelaskan, motor listrik Polytron FOX-S adalah kendaraan listrik yang hadir di pasar dengan harga Rp9 jutaan off the road yang mendukung zero emisi, efesiensi waktu, dan pemanfaatan sumber daya listrik.

"Konsep sewa baterai juga dengan biaya terjangkau sebesar Rp 125 ribu per bulan. Konsumen tidak perlu takut untuk urusan baterai karena kami punya solusinya," ujar Tekno.

Ia menerangkan, sewa baterai menjadi solusi untuk mengurangi masalah limbah baterai karena baterai rentan mengalami kerusakan dan degradasi. Polytron juga akan menanggung performa baterai motor listrik FOX-S sepanjang umur kendaraan.

Tekno menuturkan, motor listrik Polytron FOX-S hadir dalam empat pilihan warna, yaitu graphite grey, midnight black, bumblebee yellow, dan crimson red. Motor listrik Polytron FOX-S dilengkapi dengan lampu LED yang memberikan pencahayaan maksimal dan efisiensi daya.

"Sistem smart key digunakan sebagai langkah antisipasi terhadap tindakan pencurian. Polytron juga memberikan garansi selama 12 bulan untuk dinamo dan controller," pungkas Tekno.

Berikut harga motor listrik Polytron FOX-R Januari 2024 sebelum dipotong subsidi pemerintha:

  • Harga Motor Listrik Polytron Fox-R OTR Jabodetabek Rp 20,5 juta
  • Harga Motor Listrik Polytron FOX-R OTR Graphite Grey Matte non Jabodetabek Rp 21 Juta
  • Harga Motor Listrik Polytron FOX-R OTR Mignight Black Gloss non Jabodetabek Rp 21 Juta
  • Harga Motor Listrik Polytron FOX-R OTR non Jabodetabek Crimson Red Matte Rp 21 juta
  • Harga Motor Listrik Polytron FOX-R OTR non Jabodetabek Graphite Grey Matte Rp 21 Juta
  • Harga Motor Listrik Polytron FOX-R OTR non Jabodetabek Mignight Black Gloss Rp 21 Juta
  • Harga Motor Listrik Polytron FOX-R Crimson Red Matte OTR Medan dan Pekanbaru Rp 22 Juta
  • Harga Motor Listrik Polytron FOX-R Graphite Grey Matte OTR Medan dan Pekanbaru Rp 22 Juta
  • Harga Motor Listrik Polytron FOX-R Crimson Red Matte OTR Bali Rp 21,5 juta
  • Harga Motor Listrik Polytron FOX-R Graphite Grey Matte OTR Bali Rp 21,5 juta

Sistem sewa baterai motor listrik Polytron Fox-R

Dikutip dari website resmi Polytron, sewa baterai Polytron adalah program untuk membuat motor listrik premium Polytron bisa terjangkau untuk semua orang.

Saat konsumen membeli motor listrik Polytron FOX -R, maka biaya baterai di kesampingkan dari harga pembelian motor listrik Polytron FOX-R. Untuk konsumen awal yang membeli Motor Listrik Polytron di tahun 2023 akan menikmati biaya sewa yang permanen selama umur kendaraan motor listriknya.

Besarnya biaya sewa baterai motor listrik Polytron Fox-R adalah Rp 200.000 per bulan. Dengan program ini, konsumen akan membayar sewa bulanan dan Polytron akan mengambil alih tanggung jawab untuk perbaikan baterai, biaya perawatan dan biaya penggantian baterai untuk memberikan pengalaman bebas khawatir.

Berikut perbandingan biaya sewa baterai motor listrik Polytron FOX-R dibandingkan membeli baterai sendiri dan dibandingkan biaya bensin motor konvensional:

Biaya pemilikan dan sewa baterai motor listrik Polytron FOX-R

  • Harga motor listrik Polytron FOX-R subsidi Rp 14 juta
  • Sewa baterai setahun Rp 2,4 juta per tahun
  • Konsumsi listrik bulaan Rp 41.000, setahun Rp 492.000
  • Total biaya tahun kelima adalah Rp 13 juta + (5 x Rp 2,4 juta) + (5 x Rp 492.000)= Rp 28,4 juta

Biaya pemilikan dan perawatan motor listrik dengan baterai sendiri selama 5 tahun Rp 57,9 juta

Biaya pemilikan dan perawatan motor bensin konvensional selama 5 tahun Rp 51,6 juta

Itulah informasi pengurangan kuota subsidi dan daftar harga motor listrik Polytron FOX-R dan FOX-S terbaru pada Januari 2024. Ingat, harga motor listrik Polytron FOX-R di atas belum dipotong subsidi pemerintah ya.

Selanjutnya: Transisi Energi, Anies-Cak Imin Pastikan Akan Percepat Pensiun Dini PLTU

Menarik Dibaca: PAUL & Sido Muncul Rilis Tolak Angin Croissant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×