kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba Adi Sarana Armada (ASSA) Naik 37% pada Kuartal I, Ini Penopangnya


Kamis, 02 Mei 2024 / 21:10 WIB
Laba Adi Sarana Armada (ASSA) Naik 37% pada Kuartal I, Ini Penopangnya
ILUSTRASI. PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA)


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), emiten yang bergerak di bidang mobilitas, logistik dan penunjangnya membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 71 miliar pada kuartal 1 2024, atau tumbuh 37% YoY. 

Pertumbuhan laba bersih yang signifikan tersebut dapat diraih perseroan berkat keberhasilan ASSA dalam mengintegrasikan tiga pilar bisnis utama miliknya yaitu transportasi, logistik end-to-end dan ekosistem kendaraan bekas

Pada kuartal pertama 2024 ini, pendapatan ASSA tumbuh sebesar 3,1% menjadi Rp 1,2 triliun dari pendapatan periode yang sama tahun 2023 yang sebesar Rp 1,1 triliun. Bisnis penyewaan kendaraan untuk korporasi kembali menjadi pendorong utama pertumbuhan pendapatan, dengan kontribusi sebesar 39% terhadap total pendapatan Perseroan.

“Kinerja yang pada kuartal pertama 2024 ini mencerminkan komitmen kami dalam mengejar bisnis yang berkelanjutan dan menguntungkan melalui setiap pilar bisnis," kata Direktur Utama ASSA, Prodjo Sunarjanto melalui keterangan tertulis yang diterima Kontan, Kamis (2/5).

Baca Juga: Sejahteraraya Anugrahjaya (SRAJ) Catat Laba Rp 4,7 Miliar di Kuartal I 2024

Dia bilang bisnis penyewaan kendaraan korporat telah kembali menjadi pendorong keuntungan yang signifikan, disusul oleh kinerja luar biasa dari bisnis kendaraan bekas. Di sisi lain, Cargoshare terus membuat kemajuan di bidang logistik B2B. 

"Kami sangat bersemangat dengan kemajuan Anteraja yang bergerak menuju break-even dan semakin yakin akan profitabilitasnya di masa depan,” ungkap dia.

Beban pokok pendapatan ASSA tercatat sebesar Rp 842,4 miliar, lebih rendah dari periode yang sama tahun 2023 yang sebesar Rp 848,7 miliar. Efisiensi yang dilakukan anak usaha perseroan yakni Anteraja berperan besar dalam penurunan beban pokok pendapatan ASSA. 

Anteraja tercatat berhasil menurunkan biaya produksi (COGS) sebesar 22,2% YoY, hingga mengantarkan ASSA meraih laba kotor sebesar Rp 339,5 miliar, meningkat 14,1% jika dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Lebih jauh, keberhasilan penghematan biaya operasional Anteraja juga berperan utama dalam mendorong laba operasional ASSA hingga tumbuh sebesar 45,5% YoY menjadi Rp 172,1 miliar pada periode ini. 

Anteraja sendiri pada periode ini telah sukses membalikkan keadaan, menjadi menghasilkan laba operasional sebesar Rp 25,4 miliar dari menderita rugi bersih Rp 34,7 miliar pada kuartal pertama tahun lalu.

Sementara unit bisnis penjualan kendaraan bekas membukukan pertumbuhan laba usaha sebesar 50,9% YoY menjadi Rp 48,3 miliar. Adapun bisnis lelang dari anak usaha PT JBA Indonesia mencatatkan pertumbuhan laba usaha sebesar 129,1% YoY menjadi Rp 26,9 miliar.

Baca Juga: Harga Nikel Naik, Begini Strategi Trimegah Bangun Persada (NCKL) Manfaatkan Peluang7

Unit bisnis ASSA di bidang penyedia solusi logistik terintegrasi B2B, Cargoshare mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 24,2% YoY menjadi Rp 71,7 miliar. 

Dalam hal ini, kontribusi dari pelanggan eksternal terhadap pendapatan terus meningkat menjadi 53,7% dari total pendapatan, dibandingkan kuartal 1 tahun 2023 yang sebesar 38,8%.

Melihat kinerja yang terus meningkat tersebut, pada tahun 2024 ini Perseroan telah mengalokasikan CAPEX sebesar Rp 1,3-1,5 triliun. Rencananya, CAPEX tersebut akan digunakan terutama untuk untuk pembaharuan armada Perseroan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×