Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Bisnis e-commerce di Indonesia kian berkembang dan jenisnya pun kian beragam. Tak hanya pada layanan jual beli saja, tapi sudah berkembang pada layanan keuangan.
Salah satunya yaitu situs CekAja.com. Situs ini memberikan layanan yang meliputi segala jenis produk finansial. Seperti layanan kredit mulai dari kredit tanpa agunan, kredit pemilikan rumah, kredit kendaraan bermotor, kredit usaha, dan kredit multiguna. Selain itu, situs ini juga melayani berbagai produk asuransi, investasi, dan produk finansial syariah.
John Patrick Ellis, CEO Compare88group, induk dari CekAja.com, mengatakan, tujuan utama dari situs ini yakni untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan keuangan. Situs ini juga membantu pemerintah dalam mendorong edukasi dan meningkatkan literasi keuangan.
Menurutnya, dari survei yang pernah dilakukan OJK, hingga saat ini baru ada sekitar 50% penduduk Indonesia yang punya akses ke jasa perbankan. Dan platform digital layanan finansial ini diharapkan menjadi solusi efektif atas masalah tersebut.
“Diharapkan dengan hadirnya layanan kami, maka akses masyarakat ke layanan finansial meningkat 20% tahun depan,” kata John dalam keterangannya, Kamis (3/12).
Menurut John, pengunjung CekAja.com terus meningkat secara konsisten dengan peningkatan tertinggi hingga 70% MoM (month on month). “Kemitraan dengan bank dan asuransi pun terus bertambah, sehingga CekAja.com bisa menjadi literasi terlengkap tentang informasi dan perbandingan berbagai produk finansial yang ada di Indonesia,” ujarnya.
Cukup mengakses CekAja.com, bandingkan produk-produk yang diinginkan, dan selanjutnya proses aplikasi bisa dilanjutkan melalui call center untuk verifikasi data.
Rencananya, di tahun 2016, CekAja.com juga akan menerapkan e-applications seiring dengan perubahan regulasi perbankan yang dapat menerima e-applications.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News