Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Produsen teknologi asal China, Lenovo, optimistis menatap peluang pasar personal computer di Indonesia tahun 2013. Melihat potensi pasar di Indonesia tersebut, Lenovo berani mematok target pangsa pasar 10% tahun ini.
"Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), pada kuartal IV 2012 lalu, pangsa pasar Lenovo keseluruhan sebesar 9%," kata Irene Santosa, Country Lead Small Medium Business PT Lenovo Indonesia di Jakarta, Rabu (20/2).
Bila melihat data IDC kuartal III 2012, Lenovo meraih posisi tiga terbesar sebagai vendor Personal Computer (PC) di Indonesia dengan pangsa pasar 8,5%. Oleh sebab itu, Lenovo optimistis, tahun ini bisa menambah pangsa pasarnya hingga 10%.
Agar bisa menambah pangsa pasar tersebut, Lenovo gencar meluncurkan produk baru, salah satunya adalah Ultrabook T430u. Ultrabook yang menyasar kelas bisnis ini diperkenalkan ke konsumen Indonesia dengan harga Rp 11.900.000 per unit.
"Kita akan banyak mengeluarkan produk-produk terbaru tahun ini," tambah Irene. Namun, Irene belum mau mengungkapkan lebih lanjut lagi produk baru apa saja yang akan digelontorkan Lenovo tahun ini.
Sebelumnya, sebagai pembuka tahun 2013, Lenovo telah mengeluarkan IdeaPad Yoga 13. Produk tersebut diklaim sebagai ultrabook multi mode pertama di dunia yang memungkinkan layar multi touch terbuka hingga 360 derajat.
Tentunya, dengan keterbukaan hingga 360 derajat tersebut akan memberikan empat mode penggunaan yakni laptop, tablet, stand, dan tent. Harga yang dibanderol untuk produk ini tak jauh berbeda dengan Ultrabook T430u, yakni Rp 11.999.000 per unit untuk IdeaPad Yoga 13 dengan prosesor Intel Core i5, dan Rp 12.890.000 per unit untuk model IdeaPad Yoga 13 dengan prosesor Intel Core i7.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News