Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menapak 34 tahun di Indonesia, PT LG Electronics Indonesia menjadi sebuah perusahaan dengan integrasi menyeluruh pada tiap rantai pasokan. Hal ini tak lepas dari fasilitas pendukung operasional yang dikembangkan LG di Indonesia. Selain kantor pusat yang menangani pemasaran berbagai produk, LG juga memiliki dua fasilitas produksi di Indonesia untuk melayani pasar domestik maupun ekspor.
Di sisi lain, untuk menangani purna jual, LG memiliki LG Service Center di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan LG telah memiliki pusat riset dan pengembangan LG R&D untuk mendukung kinerja di Indonesia.
“Kelengkapan fasilitas pendukung operasional ini memungkinkan perusahaan dapat melakukan operasi satu atap yang dengan mudah menghubungkan tiap rantai pasokan, mulai dari pengembangan, produksi, pemasaran, penjualan produk, hingga layanan purna jual,” ujar Lee Taejin, Presiden LG Electronics Indonesia, Sabtu (16/11). Menurutnya, LG Electronics Indonesia menjadi perusahaan LG pertama di dunia yang dapat melakukan peran terintegrasi lengkap tersebut.
Kekuatan integrasi ini memungkinkan perusahaan dengan cepat dapat membawa berbagai ragam inovasi produk terbaiknya bagi pasar Indonesia. Sepanjang tahun ini, LG tercatat telah memperkenalkan ragam produk elektronik hanya beberapa bulan setelah debut global di Consumer Electronics Show.
LG berancang-ancang menambah dua kategori baru perangkat rumah tangga yaitu perangkat vacuum cleaner dan dehumidifier. Meski belum menyebut waktu pasti menurut Lee Taejin, rencana ini akan siap terealisasi pada akhir tahun 2024.
Baca Juga: LG Electronics Incar Pendapatan KRW 100 Triliun di 2030 Lewat Transformasi Bisnis
LG juga berencana menghadirkan ragam produk terbaru khusus untuk pasar Asia. Di antaranya, kategori kulkas dan mesin cuci. Untuk kategori kulkas, akan terdapat dua kategori utama yaitu LG InstaView French-Door dan LG InstaView Bottom Freezer.
Terlahir dari trah InstaView yang merupakan kulkas premium LG, meski belum menyebut detailnya, kedua model kulkas ini memiliki berbagai fitur yang cocok untuk budaya kuliner maupun gaya hidup masyarakat Asia.Sementara pada kategori mesin cuci,, LG akan memperluas lini produk mesin cuci LG AI DD 2.0.
Berjalan beriring dengan kesiapan memperkenalkan berbagai produk terbaru nanti, Lee Taejin menyatakan, LG juga telah menyiapkan berbagai langkah untuk memperbesar tingkat komponen dalam negeri. Hal ini dimungkinkan berlat berbagai pengembangan yang berkolaborasi dengan fasilitas produksi LG di dalam negeri.
“Peningkatan kandungan lokal ini akan terus semakin menguat di masa mendatang sejalan dengan komitmen LG untuk lebih berkontribusi pada peningkatan ekonomi dan sosial masyarakat Indonesia melalui sinergi dengan pemerintah,” ujar Lee Taejin.
Merayakan pijakan di Indonesia, LG mengadakan acara melibatkan jajaran manajemen dengan seluruh karyawan dan keluarga. Mengusung tema Life’s Good Family Day. “Setiap langkah sepanjang perjalanan LG berkarya bagi masyarakat Indonesia tak lepas dari kolaborasi kuat antar sumber daya manusia di dalamnya,” ujar Lee Taejin.
Sejumlah 6,000 peserta yang berasal dari karyawan dan keluarganya turut menjadi bagian perayaan tersebut. Meski dihelat pada dua tempat wisata berbeda dengan pertimbangan banyaknya peserta, perayaan pada waktu yang hampir bersamaan.
Selanjutnya: ESG: Strategi RS EMC (SAME) untuk Menjadi Rumahsakit Digital dan Ramah Lingkungan
Menarik Dibaca: Ini Rekomendasi Wisata di Okinawa Jepang
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News