kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makin gampang! Aplikasi Sinar juga bisa buat bayar pajak kendaraan


Kamis, 15 April 2021 / 13:39 WIB
Makin gampang! Aplikasi Sinar juga bisa buat bayar pajak kendaraan
ILUSTRASI. Petugas menunjukkan aplikasi SIM Nasional Presisi Korlantas Polri (Sinar) saat peluncurannya untuk guna perpanjangan SIM secara daring di Jakarta, Selasa (13/4/2021). ANTARA FOTO/ Reno Esnir/foc.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Korlantas Polri resmi meluncurkan aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR pada Selasa, 13 April 2021. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini untuk perpanjang masa berlaku SIM A dan C. 

Sinar yang dimaksud sebenarnya salah satu menu layanan dalam aplikasi induk Digital Korlantas Polri, yang sekarang baru bisa diunduh smartphone berbasis Android. 

Namun ke depan, aplikasi ini juga disebut bakal tersebut di ponsel berbasis iOS. Di dalamnya juga ada menu layanan E-Rikkes, yang berguna memudahkan pemohon SIM melakukan pendaftaran tes kesehatan oleh dokter umum atau dari kepolisian yang telah ditentukan. 

Selain itu, juga ada menu E-Ppsi, yang setelah diketuk menuju link unduh aplikasi E-Ppsi untuk tes psikologi, yang termasuk persyaratan perpanjang SIM. 

Baca Juga: Polri luncurkan layanan SIM online, bagaimana nasib SIM keliling?

Nantinya hasil pengujian tes kesehatan dan psikologi langsung terintegrasi dengan akun yang bersangkutan, untuk memenuhi persyaratan perpanjang SIM. 

Kemudian bagi pemohon SIM baru, ada pilihan layanan E-Avis untuk tes teori SIM baru secara online. Seperti sebelumnya, setelah dipilih akan masuk perintah download aplikasi E-Avis.

“Tidak hanya mengurus SIM, di dalam induk Digital Korlantas Polri itu juga terdapat menu pembuatan SIM Internasional, perpanjang STNK, info NTMC, ETLE, hingga Signal atau Samsat Digital Nasional,” ucap Kasi Standar SIM Ditregident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman, dalam tayangan virtual (13/4/2021). 

Baca Juga: Makin mudah, pembuatan dan perpanjangan SIM bisa online via aplikasi SINAR

Namun memang seluruh menu yang tadi disebutkan hingga saat ini belum tersedia. Kepolisian tampaknya masih melakukan pengembangan pada layanan tersebut. 

"Dalam waktu yang tidak begitu lama lagi kami akan me-launching Signal dan masih banyak inovasi lain yang akan kami ciptakan," kata Arief.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Cuma Perpanjangan SIM, Aplikasi Sinar Juga Bisa Bayar Pajak Kendaraan"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Aditya Maulana

Selanjutnya: Ini informasi terkini soal rencana pemberian SIM gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×