Reporter: Sofyan Nur Hidayat | Editor: Djumyati P.
JAKARTA. Terkait dengan penutupan operasi PT Mandala Airlines, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau kepada maskapai-maskapai lain agar menampung penumpang Mandala yang sudah membeli tiket. Setidaknya antisipasi transfer penumpang Mandala ke maskapai lain harus dilakukan hingga 4 hari setelah pengumuman penutupan operasional Mandala.
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Herry Bakti mengatakan sejumlah maskapai sudah menyatakan siap untuk membantu mengangkut penumpang Mandala. Kerjasama pengangkutan penumpang itu dilakukan secara business to business. "Hari ini ada 100 penumpang Mandala dari Bali yang diangkut Merpati dan Lion," ungkap Herry, Kamis (13/1).
Jumlah penumpang Mandala yang harus diangkut maskapai lain cukup besar. Herry mengatakan dengan 13 rute domestik dan 4 rute internasional, selama ini Mandala mengangkut sebanyak 3.000 hingga 3.500 penumpang setiap hari.
Herry juga menegaskan bahwa Mandala harus segera memenuhi kewajibannya kepada penumpang yang telah membeli tiket pesawat. Selain melalui kantor pusat Mandala, pengembalian tiket juga harus dilakukan melalui agen-agen di semua daerah.
Sementara itu Head of Corporate Communication PT Mandala Airlines, Nurmaria Sarosa mengatakan mulai Kamis (13/1), Mandala sudah mulai melakukan refund tiket. Informasi itu juga disampaikan melalui pengumuman yang dipajang di kantor Mandala di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Sayangnya, dia enggan menyebut berapa tiket dan nilai uang yang harus dikembalikan kepada penumpang. "Yang jelas jumlah tiketnya banyak," kata Nurmaria melalui pesan singkat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News