kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medco Energi (MEDC) Akuisisi ConocoPhillips Indonesia Senilai US$ 1,32 Miliar


Jumat, 21 Januari 2022 / 15:42 WIB
Medco Energi (MEDC) Akuisisi ConocoPhillips Indonesia Senilai US$ 1,32 Miliar
ILUSTRASI. Medco Energi (MEDC) mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia senilai US$ 1,32 miliar.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) memastikan rencana akuisisi ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd (CIHL). Adapun, nilai transaksi 100% saham CIHL sebesar US$ 1,32 miliar dengan rincian base price sebesar US$ 1,35 miliar, net working capital amount sebesar US$ 69,79 juta, serta tambahan transfer tax sebesar US$ 92,05 juta lalu dikurangi pre-signing dividend untuk Maret 2021 sebesar US$ 120 juta dan Juni 2021 sebesar US$ 70 juta.

"Total nilai dari rencana transaksi adalah US$ 1,32 miliar," ungkap manajemen MEDC dalam keterbukaan informasi, Rabu (19/1).

Transaksi ini akan dilakukan oleh Medco Energi Global PTe Ltd (MEG) yang merupakan anak usaha tidak langsung yang dimiliki sepenuhnya oleh MEDC. 

Selain itu, MEG pun telah menandatangani perjanjian jual beli saham dengan Phillips International Investments Inc pada 8 Desember 2021.

Baca Juga: Medco Energi (MEDC) Sukses Cetak Laba Bersih US$ 56,12 Juta Hingga Kuartal III-2021

Manajemen MEDC pun memastikan akuisisi ini merupakan bagian dari strategi bisnis perusahaan untuk meningkatkan nilai dan terus berfokus pada integrasi bisnis yang efektif.

"Perusahaan melihat potensi pada CIHL dan portofolio ini sesuai dengan kriteria akuisisi MEDC dan memiliki potensi kekuatan yang signifikan untuk pertumbuhan masa depan," sebut manajemen MEDC.

Selain itu, dengan pengelolaan Blok Corridor yang berfokus pada aset gas oleh ConocoPhillips (Grissik) Ltd (CPGL) dinilai sejalan dengan strategi perusahaan terkait perubahan iklim.

Dengan masuknya aset Blok Corridor maka produksi MEDC akan menjadi 78% untuk gas. 

Manajemen MEDC pun memastikan akuisisi ini bakal kian menguatkan kondisi keuangan perusahaan dengan mempertimbangkan sejumlah hal antara lain, penguatan konsolidasi Medco sebagai pemasok gas pipa utama ke Singapura, peningkatan skala operasi dengan offtake jangka panjang dengan mitra kerja yang berkualitas.

Selain itu, biaya tunai Blok Corridor yang sebesar US$ 4 hingga US$ 5 per BOE dinilai bakal mendukung komitmen biaya tunai Medco di bawah US$ 10 per BOE.

Manajemen Medco pun menyadari bahwa total utang akan meningkat pasca akuisisi. Kendati demikian, kontribusi ekuitas sebesar 37% dan perolehan kas yang kuat akan memungkinkan leverage perusahaan untuk kembali ke tingkat pra akuisisi pada 2023 hingga 2024. 

Baca Juga: PGE dan Medco Power Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×