kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medikaloka Hermina (HEAL) targetkan buka empat rumah sakit baru tahun ini


Selasa, 30 April 2019 / 21:04 WIB
Medikaloka Hermina (HEAL) targetkan buka empat rumah sakit baru tahun ini


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berkomitmen perluas jangkauan layanan kesehatan, hingga 2020 PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL) menargetkan memiliki 40 jaringan rumah sakit. Adapun di tahun ini ditargetkan dapat membuka 4 rumah sakit baru.

Aristo Setiawidjaja, Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategic Hermina menyebutkan tahun ini pihaknya berencana membuka 4 rumah sakit baru dulu sebelum ditambahkan kembali 4 rumah sakit baru di tahun depan. "Untuk realisasinya direncanakan pada kuartal II buka satu rumah sakit, kuartal III buka satu rumah sakit, dan kuartal IV buka dua rumah sakit," ujarnya di Jakarta, Selasa (30/4).

Ia melanjutkan untuk satu rumah sakit yang akan dibuka pada kuartal II merupakan hasil akuisisi. Sedangkan ketiga rumah sakit lainnya merupakan proyek greenfield perseroan.

Untuk rencana itu sendiri, pihaknya menganggarkan belanja modal hingga 800 miliar dengan rincian Rp 200 miliar berasal dari internal dan sisanya dari pinjaman bank. Ia menuturkan untuk saat ini memiliki bank loan Rp 800 miliar dan memiliki leverage hingga Rp 1,4 miliar. "Jadi saat ini masih akan dari bank loan saja," ujarnya.

Untuk lokasi rumah sakit baru yang akan buka di tahun ini, Aristo bilang rumah sakit hasil akuisisi akan dibuka di daerah Jawa Tengah, kemudian dua rumah sakit akan dibuka di Sulawesi dan lainnya di Sumatra.

Harsono, Direktur Utama HEAL juga menegaskan untuk rumah sakit barunya juga akan terus dibuka untuk pasien JKN. "Karena kami ingin ikut berpartisipasi pada layanan kesehatan di Indonesia melalui BPJS," tuturnya.

Menurutnya walaupun dibuka untuk BPJS, margin yang didapatnya juga dapat dijaga dengan baik. Hal tersebut terlihat dari pendapatan sepanjang kuartal I 2019 yang tumbuh hingga 20% dibandingkan periode yang sama. Selain itu juga melalui strategi yang diterapkan.

"Kami lakukan efisiensi salah satunya dengan negosiasi dari harga beli obat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×