kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menang tender 3G, Telkomsel dan XL ekspansi data


Rabu, 27 Februari 2013 / 08:11 WIB
Menang tender 3G, Telkomsel dan XL ekspansi data
IMF memangkas proyeksi ekonomi Indonesia. KONTAN/Fransiskus Simbolon/11/05/2017


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Sandy Baskoro

JAKARTA. PT Telkomsel dan PT XL Axiata Tbk akhirnya berhasil mendapatkan masing-masing 1 blok kanal 3G di frekuensi 2100 MHz. Dengan penambahan blok 3G ini, kedua operator seluler tersebut bisa menambah kualitas kecepatan browsing dengan teknologi HSPA dan HSPA+.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, pada Senin (25/2) lalu, mengumumkan dua operator seluler, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan XL Axiata sebagai pemenang seleksi kanal 3G third carrier dan berhak mendapatkan satu blok 3G tambahan.

Asli Brahmana, Head of Corporate Secretary Group Telkomsel, mengemukakan, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ini ingin memberikan layanan optimal kepada pelanggan. "Kebutuhan komunikasi data terus meningkat. Terbukti dari jumlah pelanggan paket data Telkomsel yang saat ini sudah mencapai lebih dari 54 juta dari total 125 juta pelanggan," ungkap dia kepada KONTAN, Selasa (26/2).

Namun Asli belum bisa menyebutkan ekspansi bisnis apa yang akan dilakukan Telkomsel dalam memanfaatkan blok 3G ini.

Sedangkan XL Axiata siap meningkatkan layanan konten yang berisi layanan-layanan heavy usage atau layanan yang memakan kapasitas data besar. Selain itu, XL juga ingin meningkatkan kecepatan rata-rata pengguna data.

"Sekarang rata-rata kecepatan dalam mengakses data 512 kbps, menjadi 1 mbps," ucap Dian Siswarini, Direktur Technology and Digital Services XL.

Operator telekomunikasi memang membutuhkan frekuensi 3G dalam meningkatkan kenyamanan dan kecepatan data. Pasalnya, frekuensi 2G ibarat jalan yang sudah penuh sesak dengan arus layanan suara, pesan singkat, dan data. Adapun frekuensi 3G ibarat jalan tol yang hanya dipakai untuk layanan data.

Sebelumnya, di kanal 3G, Telkomsel telah memilliki blok 4 dan blok 5. Sedangkan XL menguasai blok 9 dan blok 10. Maka dengan memenangkan tender ini, Telkomsel dan XL akan mendapatkan tambahan blok baru antara blok 11 dan blok 12 yang disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×