kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Menilik deretan mantan pejabat publik yang kini menjadi petinggi perusahaan digital


Minggu, 09 Mei 2021 / 17:26 WIB
Menilik deretan mantan pejabat publik yang kini menjadi petinggi perusahaan digital
ILUSTRASI. Bukalapak menunjuk Bambang Brodjonegoro dan Yenny Wahid masuk jajaran Komisaris

Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam beberapa waktu terakhir, muncul fenomena berupa praktik sejumlah pejabat publik aktif dan non aktif maupun komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang turut menduduki kursi manajerial perusahaan-perusahaan digital di Indonesia.

Awal Mei 2021 misalnya, Bambang Brodjonegoro yang merupakan mantan Menteri Riset dan Teknologi dipilih menjadi Komisaris Utama Bukalapak lewat RUPS yang diadakan oleh perusahaan tersebut.

RUPS Bukalapak juga mengangkat Yenni Wahid sebagai Komisaris ketika di saat yang sama ia juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA).

Ada pula mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio yang kini menjadi Komisaris Tokopedia dan Komisaris Utama Telkomsel, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Lanjut, ada eks Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara yang menjadi Presiden Komisaris OVO. Ex Deputi Gubernur BI lainnya, Ronald Waas, kini menjadi anggota Dewan Komisaris Gojek.

Mantan Gubernur BI Agus Martowardojo juga punya jabatan di perusahaan digital, yakni Komisaris Utama Tokopedia. Di saat yang sama, ia juga menjadi Komisaris Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI).

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri saat ini menempati posisi Komisaris Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI). Ia juga rangkap posisi sebagai Penasehat perusahaan fintech, Modalku.

Adapun eks Kapolri Badrodin Haiti kini menjadi Komisaris Utama PT Waskita Karya Tbk (WSKT) sekaligus menjadi Penasehat Senior Grab Indonesia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×