kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Metropolitan Land (MTLA) Siap Kerjakan Proyek Residensial dan Hotel Tahun Ini


Minggu, 22 Januari 2023 / 14:23 WIB
Metropolitan Land (MTLA) Siap Kerjakan Proyek Residensial dan Hotel Tahun Ini
ILUSTRASI. PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) melanjutkan ekspansinya di 2023.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) melanjutkan ekspansinya di 2023. Hal ini seiring dengan pasar properti yang diyakini masih akan positif.

Direktur PT Metropolitan Land Tbk Olivia Surodjo mengatakan, tahun ini MTLA mempersiapkan kurang lebih ada dua proyek residensial baru yang berlokasi di seputar wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Selain itu juga satu proyek hotel di Bali.

Untuk proyek residensial, MTLA menyiapkan Metland Kertajati dan Metland Cikarang. Perseroan menargetkan proyek Metland Cikarang akan rampung pada semester I-2023 dan Metland Kertajati bisa rampung di akhir tahun 2023.

Baca Juga: Metropolitand Land (MTLA) Catatkan Marketing Sales Rp 1,73 Triliun di 2022

Metland Kertajati akan dikembangkan dengan konsep aerocity seluas 266 ha. Di antaranya Hotel Horison bintang 4, pembangunan area komersial, hingga fasilitas pendukung untuk bandara Kertajati. Untuk proyek Metland Cikarang, MTLA akan mengembangkan hunian di atas luas tanah sekitar 161 ha. Adapun hotel di Bali, MTLA sedang menggarap Horison Ume Suites & Villa Ubud.

Selain proyek baru, MTLA juga terus mengembangkan proyek eksistingnya dengan meluncurkan klaster-klaster baru. Perseroan akan mengembangkan produk-produk dan bangunan yang lebih compact, seperti mengusung konsep mezzanine yang bisa dijadikan ruangan-ruangan tambahan. Tujuannya agar konsumen bisa membeli dengan harga yang terjangkau.

Dengan ekspansi yang masih akan dilakukan, Olivia memproyeksikan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini juga akan meningkat. 

"Data capex 2023 belum dapat dirilis, namun biasanya ada kenaikan dari budget estimasi tahun sebelumnya," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (11/1).

Adapun anggaran capex MTLA pada 2022 sebesar Rp Rp 650 miliar.

Baca Juga: Metropolitan Land Menilai Harga Properti di Indonesia Akan Tetap Naik Setiap Tahun

Sepanjang 2022, Metropolitan Land membukukan pra penjualan (marketing sales) sebesar Rp 1,73 triliun dari target Rp 1,8 triliun. Kontribusi diberikan dari unit usaha residensial dan komersial (mal & hotel) Metland.

Rinciannya, sebesar 75% dari proyek residensial dan 25% berasal dari komersial sebagai sumber pendapatan berulang. 

Dari proyek residensial, kontribusi besar didapatkan dari penjualan proyek Metland Menteng & Wisteria, Metland Puri & The Riviera at Puri dan Metland Cileungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×