kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Momen Lebaran, Daihatsu Optimistis Penjualan Mobil Selama April 2022 Meningkat


Jumat, 15 April 2022 / 23:12 WIB
Momen Lebaran, Daihatsu Optimistis Penjualan Mobil Selama April 2022 Meningkat
ILUSTRASI. Astra Daihatsu


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) optimistis bila penjualan mobil selama April 2022 akan mengalami peningkatan secara bulanan meski ada kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11 persen dan harga BBM.

Dikatakan oleh Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, prediksi kenaikan tersebut disebabkan adanya momen Lebaran.

Sehingga, daya beli masyarakat akan terjaga. Terlebih, pemerintah telah memperbolehkan aktivitas mudik, membuat konsumen percaya diri untuk membelanjakan koceknya.

"Saya merasa bahwa pada April 2022 ini, walau insentif PPnBM telah tak ada (kecuali LCGC), PPN naik satu persen, dan harga BBM naik, tingkat penjualan masih akan naik karena menjelang Lebaran," katanya, Kamis (14/4/2022).

Baca Juga: Daihatsu Tebar Sejumlah Program Lebaran Tahun 2022 untuk Pelanggan

"Dengan momen mudik Lebaran, itu mendorong konsumen untuk membeli mobil baru," tambah dia.

Hanya saja ia mengaku belum bisa memperkirakan pasar roda empat di bulan-bulan selanjutnya sebagai dampak kenaikan PPN, harga BBM, dan habisnya masa pemberian insentif PPnBM bagi segmen non-LCGC.

Sebagaimana diketahui, naiknya tarif PPN akan membuat harga mobil baru mengalami kenaikan. Kebijakan ini diatur dalam Undang-undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) yang berlaku per-1 April 2022.

Pemerintah menaikkan tarif PPN secara bertahap untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi. Kenaikan PPN akan berlanjut dengan memperhatikan kondisi perekonomian di dalam negeri.

Paling lambat, PPN akan naik lagi menjadi 12 persen seperti rencana sebelumnya pada 1 Januari 2025.

Sementara untuk insentif PPnBM pada pembelian mobil baru non-LCGC, resmi tidak diperpanjang setelah berlaku 50 persen pada Januari-Maret 2022 kemarin.

Baca Juga: Daihatsu Catatkan Penjualan 46.946 Unit Mobil pada Kuartal I 2022

"Untuk ke depannya saya belum berani menyampaikan karena masih banyak faktor yang mempengaruhi pasar. Yang jelas kami akan pantau terus," kata Hendrayadi.

"Tapi sejatinya kita masih sangat optimis. Sebab dilihat dari populasi dan GDP, potensi pasar Indonesia untuk bisa tumbuh itu besar sekali. Oleh karena itu banyak pabrikan yang berniat untuk investasi di sini," tambah Marketing Director dan Corporate Planning & Communication PT ADM Amelia Tjandra.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Daihatsu Percaya Momen Lebaran Bisa Dongkrak Penjualan Mobil Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×