kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.919   11,00   0,07%
  • IDX 7.199   58,00   0,81%
  • KOMPAS100 1.106   10,86   0,99%
  • LQ45 878   11,76   1,36%
  • ISSI 220   0,63   0,29%
  • IDX30 449   6,24   1,41%
  • IDXHIDIV20 540   5,54   1,04%
  • IDX80 127   1,40   1,11%
  • IDXV30 134   0,16   0,12%
  • IDXQ30 149   1,66   1,12%

MRT Jakarta Mencatat Pembangunan Fase 2 (Bundaran HI - Kota) Sudah Capai 31%


Rabu, 21 Februari 2024 / 16:39 WIB
MRT Jakarta Mencatat Pembangunan Fase 2 (Bundaran HI - Kota) Sudah Capai 31%
ILUSTRASI. Pekerja berjalan di terowongan proyek CP 201 (Stasiun Thamrin-Stasiun Monas) fase 2A MRT Jakarta di dekat Stasiun Monas, Jakarta, Kamis (18/1/2024). Berdasarkan data PT MRT Jakarta per 25 Desember 2023, pembangunan CP 201 mencapai 67,26 persen, sementara CP 202 (Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar) 23,81 persen dan CP 203 (Stasiun Glodok-Kota) 42,97 persen. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MRT Jakarta (Perseroda) memaparkan pembangunan Fase 2 yang menghubungkan Bundaran HI ke Kota telah mencapai 31%. 

Dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Rabu (21/2), MRT Jakarta menyampaikan bahwa perkembangan tersebut sudah mencapai 6 km.

Pembangunan fase 2A itu dibagi dalam tiga segmen, yaitu CP 201 (Bundaran HI-Harmoni), CP 202 (Harmoni-Mangga Besar), CP 203 (Mangga Besar-Kota). Setiap segmen itu memiliki progres masing-masing yang berbeda.

Baca Juga: Metropolitan Land (MTLA) Kembangkan Proyek Properti di Jalur MRT Cikarang-Balaraja

"Pembangunan CP 201 dari Bundaran HI sampai Harmoni sudah sekitar 69%, Harmoni-Mangga Besar 25%, dan Mangga Besar-Kota sekitar 45%," papar Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat. 

Dia melanjutkan, pembangunan CP 202 (Harmoni-Mangga Besar) lebih rendah perkembangannya, namun bukan berarti itu menjadi pekerjaan yang lebih sulit.

Proses pembangunan CP 202 dilakukan terakhir dibandingkan segmen lainnya yakni masih sekitar 25%, karena mengalami bidding lebih lama dibandingkan lainnya. 

Baca Juga: Menhub Bertemu Dubes Baru Jepang, Bahas Proyek MRT dan Pelabuhan Patimban

"Terowongan (tunnel) di segmen itu juga akan dibuat vertikal atau atas-bawah, bukan menyamping seperti di lokasi lain. Medan di Jalan  Gajah Mada hingga Hayam Wuruk itu cukup sempit. Alhasil, konstruksi terpaksa kita lakukan secara atas bawah," urainya.  

Tuhiyat menambahkan, hal lain yang dihadapi oleh pihkanya dalam pembangunan MRT Fase 2A adalah banyaknya bangunan cagar budaya di wilayah itu. Menghadapi hal itu, MRT Jakarta telah melakukan pembenahan dan konstruksi. 

Baca Juga: Pembangunan Fase 2A CP 201 MRT Jakarta Sudah Capai 68,79% Per Januari 2024

MRT Jakarta menargetkan akan secara bertahap mengoperasikan MRT mulai dari Bundaran HI menuju Stasiun Monas pada 2027 mendatang, lalu Bundaran HI menuju Kota pada 2029. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×