kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudik Lebaran via pesawat paling laris


Selasa, 21 Juni 2016 / 10:03 WIB
Mudik Lebaran via pesawat paling laris


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Pesawat terbang tak lagi menjadi moda transportasi yang wah. Hal itu juga tecermin dalam catatan pemesanan tiket para agen perjalanan selama momen Ramadan tahun ini.

Panorama Tours, misalnya, mencatatkan pertumbuhan pemesanan tiket pada momen Ramadan tahun ini hingga 150% dibandingkan dengan Ramadan pada tahun lalu. Persentase kenaikan pemesanan tiket pesawat menjadi yang tertinggi di antara pemesanan tiket lain, yakni hingga 94%.

Head of Online Channel Panorama Tours Hester Pamela mengatakan, destinasi ke Jawa yang paling banyak dipesan, seperti Semarang, Yogyakarta, Malang dan Surabaya. Sementara terlaris ke Sumatera, yaitu ke Medan, Palembang dan Padang.

Meskipun tak mencatatkan pertumbuhan setinggi Panorama Tours, Traveloka juga menangguk fulus lebih dari tiket pesawat. Pemesanan tiket pesawat naik 7,6%. Pemesanan tiket pesawat itu bersanding dengan pemesanan hotel, sebagai pencetak pertumbuhan tertinggi.

Adapun pemesanan tiket keretaapi Traveloka pada Ramadan kali ini tumbuh 4,6% dan pemesanan tiket kapal feri tumbuh 3,5%. Sementara pemesanan tiket bus justru menyusut 2,7%.

Communications Executive Traveloka Busyra Oryza bilang, harga tiket pesawat yang relatif murah menjadi penyebab mudik via pesawat semakin familiar. "Selain ada promo, pemesanannya juga semakin mudah secara online ini jadi salah satu faktor penyebabnya," katanya kepada KONTAN, Senin (20/6).

Secara umum, para agen perjalanan berpendapat, momen Ramadan kali ini juga semakin istimewa karena bertepatan dengan libur sekolah siswa. Tak ayal, hal itu turut membikin tiket mereka laris di pasaran.

Karena sudah memperkirakan peminat tiket bakal besar, para agen perjalanan sudah menjajakan tiket sejak jauh-jauh hari. "Permintaan tertinggi itu justru ada di periode Maret-Mei," terang Hester.

Sementara Traveloka mengaku, sejak H-30 hingga dua pekan menjelang Lebaran saat ini sudah mencatatkan 60% dari target pemesanan tiket selama momen Ramadan. Selanjutnya, mereka memperkirakan,  40% target sisanya akan didapat pada H-7 hingga H+7 Lebaran.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×