kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mulai menggeliat, KEK Kendal telah diisi 61 tenant


Sabtu, 15 Februari 2020 / 08:15 WIB
Mulai menggeliat, KEK Kendal telah diisi 61 tenant

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - KENDAL. Kegiatan industri terus semakin terlihat geliatnya di Kawasan Industri Kendal. Asal tahu saja, kawasan yang disebut-sebut sebagai kawasan salah satu penopang pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah (Jateng) ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada Desember 2019 lalu.

Keputusan ini ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah yang diundangkan pada 18 Desember 2019 silam.

Sebagai informasi, Kawasan Industri Kendal merupakan kawasan yang dikelola oleh PT Kendal Industrial Park (KIP) yang juga merupakan joint venture antara dua pengembang industri di Asia Tenggara yaitu Sembcorp Development Ltd dan PT Kawasa Industri Jababeka Tbk (KIJA).

Baca Juga: Jababeka perkuat pasar properti di Timur Jakarta

Kawasan ini dinilai keunggulan geokonomi lantaran memiliki posisi yang berdekatan dengan Bandara Internasional Ahmad Yani, Pelabuhan Internasional Tanjung Emas, dan dilalui oleh jalur tol Semarang-Pejagan yang notabenenya merupakan bagian dari Tol Trans Jawa, jalur Pantai Utara Jawa, serta dilewati Jalur Kereta Api Ganda Jakarta-Semarang-Surabaya.

Beberapa lahan terlihat sudah diisi oleh beberapa pabrik. Sesekali terlihat terdapat beberapa petugas keamanan berlalu-lalang keluar masuk arena pabrik tempat mereka bekerja.

Tak melulu diramaikan oleh aktivitas industri, kawasan tersebut juga kerap dijadikan sebagai tempat berolahraga oleh penduduk sekitar di hari Minggu. Di Minggu pagi, ada saja warga dengan pakaian olah raga yang terlihat sedang bersepeda atau sekadar jalan atau lari pagi.

Maklum saja, kawasan ini memang terletak tidak jauh dari pemukiman warga. Di sebelah timur, kawasan ini berbatasan dengan Desa Krajan Kulon, Desa Wonorejo, dan Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu.

Di sebelah selatan, KEK Kendal berbatasan dengan Desa Kumpulrejo, Desa Sarirejo, Desa Karangtengah, dan Desa Krajan Kulon Kecamatan Kaliwungu. Pada sisi Barat, kawasan ini berbatasan dengan Desa Brangsong dan Desa Purwokerto, Kecamatan Brangsong. Sementara itu, sebelah utara kawasan berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Baca Juga: Tingkatkan investasi dari Korea Selatan, ini upaya yang dilakukan pemerintah




TERBARU

Close [X]
×