kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45951,52   -1,28   -0.13%
  • EMAS1.014.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Multi Bintang (MLBI) Manfaatkan Biomassa hingga PLTS Sebagai Sumber Energi


Kamis, 20 Oktober 2022 / 09:49 WIB
Multi Bintang (MLBI) Manfaatkan Biomassa hingga PLTS Sebagai Sumber Energi
ILUSTRASI. Multi Bintang (MLBI) manfaatkan biomassa hingga PLTS sebagai sumber energi untuk operasional perusahaan.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) telah memanfaatkan sebagian kebutuhan energinya dari energi terbarukan. Selain memanfaatkan biomassa dan biogas, MLBI juga melakukan kerja sama penyediaan listrik dari PLTS Cirata bersama dengan PT PLN.

Melansir laporan berkelanjutan yang disampaikan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 29 Maret 2022, di sepanjang 2021 MLBI menggunakan 28% energi terbarukan yang bersumber dari biomassa dan biogas.

Adapun melalui fasilitas biomassa di Brewery Sampangagung, MLBI menghasilkan energi panas dengan memanfaatkan limbah sekam padi dari penggilingan padi lokal untuk bahan bakar ketel uap.

Sejak 2020, MLBI juga telah mengoperasikan ketel uap sepenuhnya menggunakan energi dari biomassa. Terkini, Multi Bintang juga sedang dalam proses mendirikan fasilitas biomassa di Brewery Tangerang.

Baca Juga: Multi Bintang Indonesia Raih Penjualan Bersih Rp 673,89 Miliar di Kuartal I-2022

Presiden Direktur Multi Bintang Indonesia René Sánchez Valle menjelaskan, pihaknya ingin menjadi penghubung dan penggerak ekosistem di bidang keberlanjutan untuk berkumpul dan berdiskusi ide-ide progresif tentang inisiatif keberlanjutan.

Ia menambahkan, MLBI bekerja sama dengan semua pihak untuk mendukung agenda Indonesia dalam Presidensi G20, khususnya dalam mempercepat transisi menuju ekonomi hijau dan energi terbarukan.

“Keterlibatan aktif ini penting untuk mempercepat tujuan kita bersama yaitu mencapai net zero emission pada tahun 2060,” jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (19/10).

Masih mengintip laporan berkelanjutan, MLBI punya target yang cukup ambisius yakni menggunakan 100% energi terbarukan dalam kegiatan operasional pada 2025 mendatang.

Selain itu, mereka juga berkomitmen mencapai target emisi karbon nol dalam proses produksi pada 2030 karena Heineken baru-baru ini mengumumkan sebuah peningkatan ambisi global untuk mendekarbonisasi proses produksi pada 2030 dan seluruh rantai nilai pada 2040 mendatang.

Baca Juga: Multi Bintang (MLBI) Lanjutkan Ekspansi Kapasitas Pabrik di Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Outlook 2023, Saham Hoki di Tahun Kelinci

[X]
×