Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. PT Astra Dihatsu Motor (ADM) menyadari persaingan otomotif di pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) bakal semakin ketat dengan makin banyaknya merek yang ditawarkan ke pasaran. Itu sebabnya, perubahan pun harus dilakukan agar mereka tetap dipilih konsumen. Salah satunya dengan meluncurkan New Luxio yang menawarkan sejumlah perubahahan eksterior dan interior dari Luxio lama.
Tak heran, selain pasar yang kecil, pemainnya pun lebih sedikit sehingga persaingan makin terasa ketat. Hanya ada dua atau tiga merek yang jadi saingan New Luxio seperti Suzuki APV dan Nissan Evalia.
Toto Suyana Wijaya, Chief Operating Officer Astra International Daihatsu Sales Operation menjelaskan, dengan perubahan yang dilakukan, ADM berharap bisa bertahan di tengah persaingan yang makin ketat, meski penjualan new Luxio ini sama dengan target Luxio jenis lama. "Kami menargetkan penjualan 500 unit tiap bulan," ujar dia.
Dengan begitu, ia pun yakin pangsa pasar New Luxio di kelas semi bonet MPV masih akan bertahan pada kisaran 30% di tengah pasar yang sempit ini.
Begitu pun kontribusi New Luxio bagi total penjualan Daihatsu. Ia memprediksi, pada tahun ini, kontribusi Luxio bagi Daihatsu masih akan bertengger di angka 3% sampai 4%.
Toto mengakui, pasar MPV tanpa moncong memang cenderung tak bertambah dari angka 20.000 unit per tahun. "Bahkan kecenderungannya menurun," katanya. Hal ini lantaran karakteristik pasar yang lebih menyukai mobil keluarga bermoncong atau jenis bonet.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News